Jaring balon wali kota, Demokrat Kota Bandung akan gelar konvensi

Oleh Mohammad Taufik pada 20 April 2017, 10:59 WIB

Bandung.merdeka.com - Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat (DPC PD) Kota Bandung telah membentuk panitia Tim Penjaringan Bakal Calon (Balon) Wali Kota Bandung yang akan di usung Partai Demokrat Kota Bandung Tahun 2018 mendatang. Partai Demokrat akan mengelar konvensi untuk menjaring bakal calon Wali Kota Bandung.

Ketua DPC PD Kota Bandung Erman Setiawan, mengatakan PD membuka pendaftaran secara terbuka kepada warga dan tokoh masyarakat yang akan mencalonkan sebagai bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota Bandung Partai Demokrat. Pendaftaran akan mulai dibuka 21 April hingga 31 Mei 2017.

"Konvensi tersebut untuk membuka ruang kepada para calon kandidat yang akan mencalonkan diri menjadi orang nomor satu di Kota Bandung," ujar Erwan saat menggelar press conference di Kantor DPC PD Kota Bandung, Jalan Antapani, Rabu (19/4).

Menurut Erwan, mereka yang ikut konvensi wajib menyampaikan visi, misi dan program kerjanya. Nantinya, Kata Erwan, akan dilihat para kandidat yang dinilai memenuhi kriteria pemimpin yang diinginkan masyarakat.

"Kami sengaja menggelar konvensi ini sekaligus memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Konvensi ini sifatnya terbuka bagi umum, artinya, tidak hanya dari internal Partai Demokrat, namun tokoh masyarakat yang mempunyai visi misi serta keinginan untuk membangun Kota Bandung. Bandung ke depan mau seperti apa," ucap Ketua Fraksi PD di DPRD Kota Bandung ini.

Di tempat sama, Ketua Panitia Konvensi Penjaringan Bakal Calon walikota Bandung Partai Demokrat Aan Andi Purnama menambahkan, sesuai dengan arahan dari Ketua DPC Partai Demokrat serta seluruh pengurus dan panitia konvensi, dia memastikan seluruh tahapan yang dilakukan bersifat fair dan melayani dengan baik kepada seluruh peserta konvensi.

Artinya, tidak mendukung atau berpihak kepada salah satu kandidat peserta konvensi, mekanisme konvensi akan digelar secara terbuka .

"Panitia juga akan roadshow bersama para kandidat peserta konvensi ke seluruh Daerah Pemilihan (Dapil). Sehingga masyarakat dapat Iangsung menilai kapasitas, kapabilitas para peserta konvensi, roadshow di laksanakan minimal dua kali kunjungan, per dapil," kata Aan.

Menurut dia, penentuan calon selanjutnya akan ditentukan berdasarkan hasil survei internal dengan menunjuk lembaga survei yang kredibel. Survei sebagai tahapan akhir dari konvensi ini akan dilakukan pada Agustus mendatang

"Tugas tim penjaringan selesai di sana untuk kemudian melaporkan ke DPP. Semoga ini akan mendapatkan figur-figur yang di harapkan oleh masyarakat Kota Bandung dan dapat menjadikan pembangunan Kota Bandung lebih baik lagi ke depannya," ujarnya.

Tag Terkait