DPU Kota Bandung dan DPUPR Kabupaten Bandung kompak bersihkan sungai

Oleh Mohammad Taufik pada 30 Maret 2017, 13:54 WIB

Bandung.merdeka.com - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Bandung menggelar acara kerja bakti bersih-bersih sungai di wilayah perbatasan. Sedikitnya 150 orang dikerahkan untuk membersihkan Sungai Citiis, Bojongsoang.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bandung Agoes Sjafrudin, mengatakan pihaknya mengerahkan 50 orang serta dua truk. Sementara dari Kabupaten Bandung mengerahkan 100 orang dalam kegiatan bersih-bersih sungai tersebut.

"Ini kerja sama antara DPU Kota Bandung dan DPUPR Kabupaten Bandung. Kerja bakti ini untuk penanganan sungai. Kami tidak melihat sampah siapa, dari mana, tapi kami lakukan kerja bakti bareng sekaligus edukasi pada masyarakat," ujar Agoes kepada wartawan, Rabu (29/3).

Dia mengungkapkan, kegiatan bersih-bersih sungai ini sengaja dilakukan di wilayah perbatasan. Di wilayah tersebut terjadi penyempitan badan sungai. Selain itu juga pola perilaku masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai.

"Maka perlu edukasi teknis dan budaya sikap agar masyarakat tidak buang sampah ke sungai," katanya.

Dari hasil kegiatan tersebut, kata dia, didapatkan sebanyak 8 truk sampah. Dia berharap kegiatan ini bisa dapat rutin dilakukan di perbatasan-perbatasan lainnya. "Kegiatan selanjutnya rencananya akan dilakukan di Sungai Citepus perbatasan," ujarnya.

Tag Terkait