Tangani masalah sosial, Bupati Bintan belajar ke Kota Bandung

Oleh Mohammad Taufik pada 27 Maret 2017, 14:24 WIB

Bandung.merdeka.com - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial menerima kunjungan Bupati Bintan Apri Sujadi beserta jajaran SKPD di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (27/3). Kedatangan Bupati Bintan ke Kota Bandung ini untuk belajar penanganan masalah sosial ke Kota Bandung.

"Mereka studi kepada kami bagaimana menangani urusan-urusan permasalahan sosial kemasyarakatan," ujar Oded kepada wartawan seusai pertemuan.

Oded menjelaskan bahwa Pemkot Bandung dalam menangani permasalahan sosial ini tidak bekerja sendiri. Pemkot Bandung selalu berkolaborasi dengan pihak lain seperti Kodim serta panti-panti rehabilitasi dalam penanganan masalah sosial ini.

"Kalau menangani masalah PMKS, orang gila, kita sampaikan bahwa kita kolaborasi dengan instansi vertikal lain khususnya dengan instansi forkompinda," katanya.

Menurut Oded, untuk menangani masalah sosial ini, Pemkot Bandung juga menugaskan pasukan khusus yang tugasnya memantau keberadaan PMKS. Jika ada PMKS berkeliaran, tim ini akan bergerak untuk melakukan penjangkauan, selanjutnya melakukan pembinaan sebelum akhirnya dikembalikan ke masyarakat.

Selain itu, kata Oded, Pemkab Bintan juga ingin belajar mengenai kerukunan umat beragama di Kota Bandung. Oded menyampaikan bahwa di Kota Bandung sendiri dibentuk organisasi bernama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung. Organisasi ini bertugas memelihara Kerukunan Umat Beragama dan meningkatkan pemahaman, saling pengertian antar umat bergama.

"Tentu saja kita mengeksiskan bagaimana FKUB dan leading terkaitnya yakni Kesbangpol. Kita sebulan sekali ada pertemuan, tentunya untuk mengantisipasi adanya gesekan-gesekan ataupun masalah sosial di masyarakat yang bisa segera diselesaikan oleh mereka," ujarnya.

Tag Terkait