Hari Dongeng Sedunia, ratusan murid TK dengarkan dongeng di kereta

Oleh Mohammad Taufik pada 21 Maret 2017, 14:44 WIB

Bandung.merdeka.com - Sedikitnya 150 murid TK di Kota Bandung mengikuti kegiatan dongeng di atas kereta. Kegiatan ini dilakukan dalam memeringati Hari Dongeng Sedunia 2017 yang jatuh pada tanggal 20 Maret kemarin.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung Joni Martinus mengatakan kegiatan mendongeng bagi anak-anak ini sudah rutin dilakukan Daop 2 dalam bentuk sosialisasi Perkeretaapian. Sosialisasi ini lebih dikenal dengan Edutrain yakni memadukan kegiatan rutin Edutrain dan hari dongeng.

"Kereta api selalu mempunyai cerita bagi anak-anak. Kendaraan yang bergerak di atas jalan baja ini, seolah perwujudan mimpi anak-anak. Maka Daop 2 menggelar lomba mewarnai dan mendongeng di atas kereta dari Bandung tujuan Padalarang yang di ikuti sebanyak 150 orang siswa TK di kota Bandung," ujar Joni saat ditemui di sela-acara Memperingati Hari Dongeng Sedunia di Stasiun Bandung, Selasa (21/3).

Menurut Joni, dalam kegiatan mendongeng ini diselipkan pesan moral tentang pentingnya menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan keselamatan bertransportasi. Menurutnya hal ini sangat penting untuk membangun karakter disiplin anak sejak dini terutama berkaitan dengan keselamatan di dunia perkeretaapian.

"Kegiatan dongeng ini sudah mulai 2006. Jadi kita bekerjasama dengan komunitas Edutrain untuk mengedukasi anak-anak TK. Ketika anak-anak TK berpergian kereta api secara rombongan, mereka diedukasi dulu bagaimana antre di loket, dikenalkan membeli tiket yang benar. Ini untuk menanamkan budaya antre ketika membeli tiket secara langsung," katanya.

Joni mencontohkan banyaknya pelanggaran di pintu perlintasan kereta api bisa jadi karena kurangnya pengetahuan sejak dini. Untuk itu jajaran Daop 2 selalu rutin memberikan sosialisasi perkeretaapian kepada anak-anak.

"Kegiatan ini sebagai pembelajaran kepada anak-anak sekolah usia dini mengenai seluk-beluk perkeretaapian. Pesertanya mayoritas anak-anak TK karena pengetahuan transportasi ini berkaitan erat pula dengan pembelajaran di sekolah mereka," ucapnya.

Joni berharap kegiatan ini dapat mengedukasi anak-anak usia dini. Sehingga pada akhirnya menumbuhkan generasi peduli keselamatan dan juga generasi yang peduli dengan aset transportasi bangsa yaitu kereta api.

"Intinya melalui dongeng ini kita ingin menyelipkan pesan moral kepada anak-anak sejak usia dini. Bagaimana menyayangi sesama, bagaimana kedisiplinan, mencintai kereta api juga karena kereta api merupakan aset nasional ini," ujarnya.

Tag Terkait