Ridwan Kamil: Kamu harus galak kalau lihat teman nyampah

Oleh Mohammad Taufik pada 21 Februari 2017, 14:47 WIB

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung memeringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan menggelar Festival Peduli Sampah di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (21/2). Dalam acara yang diikuti oleh ratusan pelajar di Kota Bandung ini digelar berbagai kegiatan mulai dari gerakan pungut sampah (GPS), hingga peragaan busana dari sampah daur ulang.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan pesan kepada pelajar terkait perilaku membuang sampah. Dia mengajak para pelajar untuk saling mengingatkan kepada temannya agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Kamu harus galak kalau lihat teman kamu yang nyampah. Kamu harus galak kalau ada teman-teman kamu yang buang sampah di jalan. Saya kira itu pesan saya kita jadikan Bandung Juara," ujar Ridwan.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Kota Bandung telah dua kali berhasil mendapat Piala Adipura. Dengan kebiasaan membuang sampah yang baik, Kota Bandung dapat terus mempertahankan Piala Adipura

"Kita sudah dua kali dapat Adipura. Adipura tidak boleh pergi, kita harus mempertahankan," katanya.

Emil berharap pelajar di Bandung bisa menjadi buta besar kebersihan minimal untuk lingkungannya sendiri. Dia mencontohkan sebelum menemukan tempat-tempat sampah, jangan membuang sampah sembarangan.

"Misalnya saya buka permen, terus enggak ada tempat sampah, saya sakuin. Jadi baju saya itu jadi kantong sampah saya sendiri. Minimal kalau punya sampah kering, belum nemu tempat sampah, simpan di tas dulu," ujarnya.

Tag Terkait