Oded lantik 156 pejabat administrator Pemkot Bandung

Oleh Mohammad Taufik pada 07 Januari 2017, 11:56 WIB

Bandung.merdeka.com - Sebanyak 156 pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kota Bandung yang tercantum dalam Surat Keputusan Wali Kota Bandung dilantik dan diambil sumpah. Demikian pula 16 pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung yang dikukuhkan melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Ruang Serba Guna Balai Kota Bandung, Jumat (6/1/).

Beberapa posisi kepala bidang di tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengalami perubahan. Hal tersebut terjadi sejalan dengan perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru yang diterapkan di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Salah satu contoh adalah Bagian Hubungan Masyarakat yang sebelumnya bernaung di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika, kini harus pindah satuan di Sekretariat Daerah. Hal tersebut menyebabkan posisi kepala bidang humas harus berpindah. Demikian pula dengan perombakan-perombakan di satuan lainnya yang menuntut ada perubahan posisi jabatan.

Namun hal tersebut, sebagaimana diamanatkan oleh Wakil Wali Kota Bandung, seharusnya tidak mengubah nilai-nilai profesionalisme dan integritas para aparatur sipil negara. Jabatan tersebut merupakan amanat dan mandat yang ditetapkan negara.

"Saya mengharapkan saudara-saudara sebagai unsur tim teknis operasional pada satuan organisasi perangkat daerah masing-masing harus mampu menerjemahkan kebijakan-kebijakan pimpinan kepada hal teknis, yuridis, dan sosiologis, sehingga kebijakan yang akan digulirkan pimpinan akan terakomodasi dari berbagai aspek," ujar Oded dalam rilis yang diterima Merdeka Bandung, Sabtu (7/1).

Menurut Oded, perpindahan posisi dalam sistem kerja pemerintahan merupakan keniscayaan. Hal yang terpenting adalah kebutuhan pelayanan kepada masyarakat dapat terakomodasi dengan baik.

Oded berharap agar para PNS yang baru dilantik bisa mengoptimalkan kinerja di sisa tiga tahun pemerintahannya. Pemenuhan indikator kinerja dan janji politik Wali Kota adalah hal yang harus diutamakan.

"Saya meminta agar saudara-saudara dapat mengemban tugas dan amanah dengan semaksimal mungkin. Bantu kami untuk mewujudkan Bandung Juara yang kita idamkan bersama," ucap Oded.

Di akhir sambutannya, ia menekankan bahwa target tahun ini adalah pemberesan masalah banjir dan pengentasan kemiskinan. Predikat WTP untuk urusan reformasi birokrasi juga menjadi sasaran yang ingin dicapai pemerintah kota.

Tag Terkait