Rumah Dinas Ridwan Kamil dibuka untuk wisatawan, datang yuk!

Oleh Mohammad Taufik pada 25 Desember 2016, 12:28 WIB

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandumg Ridwan Kamil mempersilakan kepada warga Bandung dan para wisatawan untuk datang ke rumah dinasnya (Pendopo Kota Bandung) yang berada di Jalan Dalem Kaum. Mulai Minggu (25/12) ini, pendopo akan dibuka untuk umum dan menjadi wisata pendopo.

"Nah pendopo ini bangunan bersejarah, lebih dari satu abad yang merupakan kediaman bupati pada zamannya. Kemudian sekarang ini menjadi kediaman wali kota yang penuh dengan taman, arsitektur pendopo, arsitektur limas yang tidak berdinding," ujar Ridwan kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Minggu (25/12).

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, wisata Pendopo dibuka hari Sabtu sampai Minggu pukul 09.00 - 12.00 WIB, setelah itu dilanjutkan pada pukil 13.30 - 16.00 WIB. Sementara khusus akhir tahun di buka setiap hari dari 25 Desember sampai 1 Januari 2017.

"Dengan itu silakan wisatawan dan warga Bandung yang mau foto - foto, melihat dan belum pernah datang ke sini untuk hadir," katanya.

Namun demikian, kata Emil, ada syarat bagi warga Bandung atau wisatawan yang akan masuk ke Pendopo Kota Bandung. Diantaranya berpakaian sopan, tidak bawa makanan dan minuman serta tidak memarkirkan kendaraan di Pendopo.

Ridwan berharap dengan adanya wisata pendopo ini dapat menambah pengetahuan sejarah untuk warga Bandung dan wisatawan. "Seperti halnya kalau kita ke Yogya ingin masuk ke Keraton. Tidak jauh dari itu kita berikan keindahan pendopo untuk masyarakat," ucapnya.

Selain itu, lanjut Emil, untuk wisata pendopo ini nantinya ada tour guide yang akan memandu masyarakat untuk menjelaskan terkait sejarah Pendopo.

"Pendopo ini usianya sudah 2 abad. Sehingga sejarah yang ada di sini bisa dijelaskan oleh guide tersebut," ujarnya.