Ribuan santri peringati Hari Pahlawan dengan gelar doa bersama di TMP

Oleh Mohammad Taufik pada 10 November 2016, 16:24 WIB

Bandung.merdeka.com - Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada Kamis (10/11), ribuan santri dari Pondok Pesantren Miftahul Huda menggelar acara doa bersama di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra. Dalam acara yang diselenggarakan mulai pukul 13.00 WIB, para santri terlihat khusyuk mengirim doa bagi para pahlawan.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum menjabarkan, diselenggarakannya doa bersama ini sebagai penanda kecintaan santri kepada bangsa dan negara. Dimana para santri bisa duduk bersama untuk berdoa secara tenang dan damai di sebuah makan khusus bagi para pahlawan yang telah membela negara.

"Doa adalah senjata bagi umat Islam. Santri memiliki tanggung jawab kepada pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya membela negara untuk terus mengirim doa khususnya pada Hari Pahlawan ini," ujar Uu kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara 'Ziyarah Santri – Santri Bela Negeri NKRI Harga Mati', Kamis (10/11).

Ribuan santri yang ikut dalam kegiatan tersebut merupakan santri yang berasal dari 27 kota dan kabupaten. Rencananya, kegiatan yang aru pertama kali diselenggarakan ini akan menjadi agenda tahunan. Tujuannya, kata dia, menjadi momen silaturahmi juga bagi para santri dari berbagai daerah.

"Tentu tidak hanya berdoa bersama, ke depan aksi nyata dilakukan dengan cara pembentukan karakter. Dimana para santri harus memiliki jiwa pahlawan dalam menjalani kesehariannya. Jiwa damai, bela negara, dan tentu saja toleransi kepada sesama," ujarnya.

Tag Terkait