Wabup Rejang Lebong, studi banding penanganan NAPZA ke Kota Bandung

Oleh Mohammad Taufik pada 02 November 2016, 17:48 WIB

Bandung.merdeka.com - Wakil Wali Kota Bandung Oded Danial menerima kunjungan kerja Wakil Bupati Rejang Lebong, Bengkulu, Iqbal Bastari beserta jajaran Pemerintah Kabupaten dan DPRD Rejang Lebong di Balai Kota Bandung, Rabu (2/11).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka studi banding tentang penanganan penyalahgunaan NAPZA (narkotika, psikotropika dan zat aditif) di Kota Bandung. Dalam kesempatan tersebur, hadir pula Kepala dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung, Yeni Siti Saodah.

"Prevalensi pengguna narkoba di Kota Bandung berada di angka 1,49 persen dan berusia 17 tahun ke atas. Jumlah tersebut terdiri atas berbagai level pengguna, mulai dari yang coba-pakai, teratur-pakai, hingga level kecanduan," ujar Yeni dalam rilis yang diterima Merdeka Bandung.

Yeni mengungkapkan, pihaknya sering mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat advokasi dan pencegahan untuk mengatasi masalah penyalahgunaan NAPZA di Bandung. Salah satu cara yang dilakukan yakni dengan bekerja sama dengan lurah-lurah.

"Kami melibatkan aparatur kewilayahan hingga level lurah. Di kantor-kantor kelurahan kami pasangi spanduk untuk propaganda pencegahan penggunaan narkoba," kata Yeni.

Lebih lanjut Yeni mengatakan, kolaborasi dengan para lurah juga dilakukan untuk mensosialisasikan program-program BNN kepada masyarakat. Tujuannya untuk mendeteksi dan menjaring penyebaran narkoba di lingkungan mereka.

"Kita berikan pemahaman, bahwa mereka juga wajib lapor jika mengetahui ada penyalahgunaan narkoba. Kami beritahukan kepada para orang tua juga," ungkapnya.

Selain melakukan langkah advokasi dan pencegahan, kata Yeni, BNN Kota Bandung juga melakukan rehabilitasi. "Tahun 2015, BNN Kota Bandung diberi anggaran untuk melakukan hingga 100 ribu rehabilitasi," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial menambahkan, pemerintah memiliki kewajiban untuk mendorong agar program-program BNN ini berjalan sukses, salah satunya dengan memfasilitasi infrastruktur dan keperluan lainnya.

"Selama saya menjadi kepala daerah, ada satu hal yang menjadi kekuatan pemerintah daerah saat ini. Pemerintah daerah punya ruang luas untuk berkomunikasi dengan pemerintah di tingkat pusat secara langsung. Tinggal kita memanfaatkan itu semua. Saran saya, pemerintah harus ikut mendorong dan berperan aktif untuk mendukung BNN di tingkat kota," ujarnya.

Tag Terkait