Alumni teknik kimia ITB fokus jaga kecukupan energi bagi anak cucu

Oleh Mohammad Taufik pada 01 November 2016, 13:34 WIB

Bandung.merdeka.com - Alumni teknik kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) bertekad untuk terus fokus menjaga kecukupan energi dan pangan bagi para anak cucu ke depannya. Untuk itu, para alumni ITB berupaya mengajak berbagai perguruan tinggi teknik kimia beserta alumni di seluruh Indonesia untuk menyukseskan tekad tersebut.

Ketua Umum Ikatan Ahli Bioenergi Indonesia (IKABI) yang juga merupakan alumni teknik kimia ITB, Tatang H. Soerawidjaja menjelaskan, sebagai alumni teknik kimia, ia dan teman-teman alumni lainnya berupaya untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh para alumni teknik kimia ITB ini adalah membentuk Che'ers Club dan meluncurkan Simpul Apps. Selain itu, para alumni teknik kimia ITB juga telah melaksanakan kegiatan sosialisasi prodi baru kepada guru dan murid SMA serta seminar internasional.

"Sosialisasi itu membahas perkembangan prodi teknik kimia, teknik pangan, dan teknik bioenergi serta kemurgi. Tujuannya untuk mewujudkan kemandirian, ketahanan, serta kedaulatan energi dan pangan Indonesia," ujar Tatang saat ditemui dalam acara 'Milad 75 tahun teknik kimia ITB', belum lama ini.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, lanjutnya, diperlukan beberapa perubahan berpikir dan bertindak yaitu dari kepentingan sektor menjadi kepentingan negara, berpikir sektoral menjadi berpikir holistik, bertindak sektoral menjadi bertindak terintegrasi, dan proyek menjadi program.

"Masih banyak lagi yang harus dilakukan seperti program jangka pendek menjadi program berkelanjutan, hasil program jangka pendek menjadi landasan program berikutnya, rencana jangka pendek menjadi jangka panjang, serta visi tahunan menjadi visi jangka panjang," jelasnya.

Tag Terkait