Gedebage masih banjir, ini penjelasan Ridwan Kamil

Oleh Mohammad Taufik pada 29 Oktober 2016, 12:14 WIB

Bandung.merdeka.com - Kawasan Gedebage Bandung masih banjir saat hujan deras, Jumat (28/10) kemarin. Padahal Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebelumnya sudah menyampaikan, permasalahan banjir di Gedebage bisa diatasi, salah satunya dengan tol air.

Apa jawaban pria yang akrab disapa Emil ini?

Dia menyatakan, saat banjir kemarin, tol air sebenarnya tetap bekerja. Hanya saja debit air yang besar tidak terkejar oleh inovasi baru yang digagas Pemkot Bandung tersebut untuk mengatasi masalah klasik itu.

"Tetap bekerja cuma karena volume air besar jadi balapan dengan air yang debitnya besar," kata Emil, di Bandung, Sabtu (29/10).

Lagi pula hujan besar dengan debit air yang besar itu tidak pernah bisa diprediksi jumlahnya. Adapun alat yang diterapkan memiliki kemampuan terbatas. Namun, dia memastikan bahwa tol air sangat membantu mengatasi banjir yang memang langganan jika hujan di kawasan itu.

"Kan dalam hitungan waktu bisa surut juga. Jadi saya klarifikasi saat volumenya biasa itu bisa kering 100 persen, tapi kalau volumenya berlebih itu tidak pernah kita duga," terang pria berlatar berlatarbelakang arsitek ini.

Dia menambahkan, keberadaan tol air sebenarnya bukanlah satu-satunya solusi untuk mengatasi banjir di Gedebage. Beberapa solusi jangka panjang tengah disiapkan Pemkot Bandung salah satunya danau raksasa.

"Ini bukan menyelesaikan masalah banjir, tapi mengurangi. Gedebage banjir karena debit air tinggi. Tapi alatnya tetap bekerja. Bayangkan kalau enggak ada tol air? Tapi kan itu dalam hitungan pendek dapat diselesaikan," ujarnya.

Tag Terkait