Jangan lewatkan pekan olahraga nasional penyandang difabel bulan ini

Oleh Mohammad Taufik pada 10 Oktober 2016, 11:33 WIB

Bandung.merdeka.com - Setelah PON usai, Jawa Barat masih menjadi tuan rumah perhelatan olahraga nasional, yaitu Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 akan digelar pada 15-24 Oktober 2016.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar yang juga Wakil Ketua Umum PB PON XIX dan Peparnas XV/2016, mengatakan akan menghadirkan pertunjukan seni dan budaya yang berbeda dengan apa yang ada di Opening dan Closing Ceremony PON.

Pembukaan Papernas sendiri akan dilaksanakan di Stadion Siliwangi, Bandung, Sabtu (15/10). Deddy menjanjikan pembukaan Peparnas XV/2016 akan menampilkan pertunjukkan berbeda dan tidak kalah dengan pembukaan PON.

"Ada sesuatu yang akan ditampilkan yang tidak ada di PON, tidak ada di Pembukaan PON. Jadi kalau ingin tahu datang aja nanti," ungkap Deddy, melalui siaran pers yang diterima Merdeka Bandung, Senin (10/10).

Ia mengatakan, Peparnas memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Sehingga pembukaan Peparnas akan berbeda meski tetap memadukan konsep teknologi. Konsep teknologi ini akan mengemas penampilan para musisi dan seniman difabel.

"Saya kira meriahnya akan sama dengan PON. Karena perform-nya berbeda. Akan ada kekhasan di Peparnas," kata Deddy.

Rencananya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Puan Maharani akan membuka pesta olahraga nasional penyandang difabel itu.

Sementara Jawa Barat sebagai tuan rumah menyiapkan 350 orang kontingen yang terdiri dari 250 atlet, 50 pelatih dan 50 official. Kontingen Jawa Barat dipimpin Kapolda Jawa Barat Irjen. Pol. Bambang Waskito.

Kontingen Jawa Barat menargetkan menjadi Juara Umum atau 'Jabar Kahiji' dalam ajang olahraga yang memperebutkan 620 medali itu. Papernas mempertandingkan 13 cabang olahraga, yaitu Atletik, Angkat Berat, Bola Voli Duduk, Bulutangkis, Catur, Goal Ball, Judo, Renang, Panahan, Sepak Bola, Tenis Meja, Tenis Lapang Kursi Roda, dan Bowling.

Gubernur Ahmad Heryawan menambahkan, kontingen Jawa Barat terdiri dari orang-orang terlatih dan siap menjadi juara.

"Saya bangga dengan tim Peparnas Jawa Barat. Saya percaya bahwa kalian semua adalah para juara," ujar Gubernur.

Tag Terkait