Dinkes Targetkan 1.700 Titik Kawasan Tanpa Rokok di Kota Bandung

Oleh Endang Saputra pada 22 November 2018, 14:35 WIB

Bandung.merdeka.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menargetkan 1.700 titik kawasan tanpa rokok (KTR) di Kota Bandung hingga awal tahun 2019. Melalui satuan tugas Kawasan Tanpa Rokok (Satgas KTR), Dinkes akan terus memonitor lokasi-lokasi yang harus bebas dari asap rokok.

Kepala Dinkes Kota Bandung Rita Verita mengatakan, sejak Maret diberlakukan, saat ini ada 1.033 titik KTR. Lokasiya tersebar mulai dari hotel, sekolah, restoran, dan gedung kantor milik pemerintahan.

"Sejak kita mulai bergerak pada bulan Maret lalu, sudah ada 1.033 titik KTR. Kita lakukan pemantauan secara periodik terhadap lokasi-lokasi yang menjadi titik KTR. Nah untuk 2019 kita targetkan ada 1.700 titik KTR," ujar Rita kepada wartawan di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kamis (22/11).

Menurut Rita, keberadaan Satgas yang dibentuk oleh Dinas Kesehatan ini untuk menegakkan Peraturan Wali (Perwal) Kota Nomor 315 Tahun 2017 tentang kawasan tanpa rokok. Siapapun tidak boleh lagi merokok di lokasi yang menjadi titik KTR. Kalaupun akan merokok, harus di tempat yang telah ditetapkan.

"Untuk itu kita terus lakukan imbauan kepada masyarakat bahwa merokok bahaya untuk kesehatan, bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga orang lain. Jadi kami tidak henti-hentinya ingatkan kepada masyarakat untuk tidak merokok di sembarang tempat," kata dia.

Rita mengaku cukup miris dengan banyaknya yang merokok di senbarang tempat. Terutama di gedung milik pemerintah dan sekolah. Belum lagi kata dia, banyak yang merokok di angkutan umum.

"Sekarang kita intensif pemantauan di hotel, resto, cafe, sekolah, perkantoran, fasilitas kesehatan. Ke depan mestinya kita juga lakukan di angkot. Karena banyak juga perokok di angkot yang menganggu penumpang yang tidak merokok," ucapnya.

Selain melakukan upaya lewat penetapan titik KTR, pihaknya juga membuka konsultasi bagi perokok yang ingin berhenti. Layanan ini disediakan di beberapa puskesmas di Kota Bandung.

"Di Bandung ini ada lima puskesmas punya layanan konsultasi perokok. Jadi siapapun yang berniat berhenti merokok bisa berkonsultasi kepada tenaga konselor ini bagaimana caranya berhenti merokok. Lokasinya diantaranya ada di puskesmas Kopo, Ibrahim Adji, Puter," katanya.