Emil menilai keputusan Trump soal Yerusalem sangat berbahaya

Oleh Muhammad Hasits pada 09 Desember 2017, 16:54 WIB

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengecam keras keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Seperti diketahui, Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (7/12) lalu secara resmi mengumumkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dalam pidatonya di Gedung Putih.

"Pada dasarnya saya mendukung arahan dan statement Presiden bahwa yang namanya Yerusalem itu seharusnya tetap dikelola PBB, tidak diklaim sebagai ibu kota dari Israel secara sepihak, " ujar pria yang akeab disapa Emil ini kepada wartawan.

Menurutnya, keputusan Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel sangat berbahaya dan mengancam perdamaian yang telah didengungkan selama ini. "Karena ini akan menimbulkan tensi politik geopolitik dunia yang berbahaya," katanya.

Emil berharap, pihak Amerika Serikat dapat mendengarkan suara mayoritas yang mengecam keras terkait pengakuan sepihak Yerusalem sebagai ibu kota Israel. "Mudah-mudahan pihak Amerika bisa mendengarkan suara mayoritas, karena yang melakukan statment ini bukan hanya negara muslim bahkan negara Barat. Saya mewakili suara orang Indonesia meminta PBB juga lebih proaktif jangan membiarkan ini jadi bola liar yang akhirnya dunia ini jauh dari damai karena banyak provokasi-provokasi potensi permasalahan," katanya.

Sebelumnya, di akun instagramnya, Emil juga mengunggah postingan menyikapi pernyataan Donal Trump. "Dear Mr. Trump @realdonaldtrump Your decision is hurting many people and Peace process. #BantuViralkan," tulis Emil.

Tag Terkait