Sumbangan relawan di Pilgub Jabar, Ridwan Kamil sudah konsultasi ke KPK

Oleh Farah Fuadona pada 21 November 2017, 11:39 WIB

Bandung.merdeka.com - Bakal Cagub Jabar Ridwan Kamil mengatakan, dirinya telah berkosultasi dengan KPK terkait penggalangan dana yang dilakukan oleh relawannya. Seperti diketahui relawan pendukung Ridwan Kamil yang menamakan dirinya Relawan Bandung Juara melakukan aktivasi udunan warga pada Minggu kemarin. Dalam kegiatan tersebut, para relawan berhasil mengumpulkan dana Rp 57 juta.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, dirinya tidak menerima uang yang dikumpulkan oleh relawan. Sebab uang tersebut digunakan untuk kegiatan para relawan sendiri.

"Kan Saya engga nerima. Kan saya udah bilang itu yang namanya sumbangan bukan buat Ridwan Kamil, itu buat relawan. Relawan Saya itu ada 12. Saya udah konsultasi ke KPK, KPK menyatakan tidak boleh menerima langsung. Maka Saya tidak pernah menerima ada aliran ke Saya," ujar Emil kepada wartawan di kantor PD Kebersihan Kota Bandung, Jalan Surapati, Senin (20/11).

Emil mengatakan, uang yang terkumpul selanjutnya akan digunakan untuk kegiatan kampanye terkait pemenangan dirinya di Pilgub Jabar. Namun sepenuhnya dilakukan oleh relawan.

"Relawan butuh logistik meminta kepada masyarakat, karena pesta demokrasi ini kan tidak murah, ya dibelanjakan oleh mereka sendiri. Nanti dilaporkan kepada penyumbang oleh mereka sendiri," katanya.

Emil pun mengaku tidak ikut memantau terkait peruntukan dana yang terkumpul. Semua diserahkan sepenuhnya kepada relawan.

"Jadi tidak ada dan tidak boleh langsung berhubungan dengan saya. Terserah mereka aja (relawan)," pungkasnya.

Â

Tag Terkait