Duet dengan Aceng Fikri di Pilgub Jabar, begini kata Ridwan Kamil

Oleh Farah Fuadona pada 14 Agustus 2017, 18:21 WIB

Bandung.merdeka.com - Bakal Cagub Jabar Ridwan Kamil mengatakan dirinya siap dipasangkan dengan siapapun dalam pertarungan di Pilgub Jabar 2018 mendatang. Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku tidak menolak jika dirinya dipasangkan dengan Ketua DPD Hanura Jawa Barat Aceng HM Fikri Aceng HM Fikri.

"Saya pada dasarnya tidak menolak dengan siapapun, gitu. Kan posisi pasangan itu ditentukan oleh koalisi,"
ujar Emil kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (14/8).

Nama Aceng Fikri muncul setelah hadirnya poros tengah yang diisi oleh empat partai yakni Nasdem, Hanura, PPP dan PKB. Hadirnya poros tengah ini membuat setiap partai menyodorkan kader terbaiknya untuk diajukan menjadi wakil.

"Kalau Hanuranya bisa meyakinkan PPP, PKB bahwa kader Hanura-nya yang jadi (bakal cawagub) dan merekanya tidak keberatan, kan ga ada masalah," katanya.

Emil pun mengaku telah berkomunikasi dengan Partai Hanura terkait pencalonannya di Pilgub Jabar untuk menjalin koalsi. Dirinya bahkan telah berkomunikasi langsung dengan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Namun demikian kata Emil, satu hal yang masih mengganjal yakni terkait jumlah kursi yang dimiliki Hanura yakni 3 kursi. Jika digabungkan dengan Partai Nasdem (5 kursi), baru mencapai 8 kursi. Jumlah ini masih belum cukup untuk mengusung calon dimana minimal harus 20 kursi.

"Kalau Hanura gabung dengan Nasdem kan jumlahnya baru 8 (kursi), masih belum genap. Jadi kalau dengan percaya diri diiyahkan (mengusung Aceng) ternyata tidak sampai (jumlah kursi) kan malu. Jadi intinya mah saya tidak mempermaslaahkan, walaupun (Aceng Fikri) terkenal karena itunya (kasus nikah siri)," pungkasnya.

Seperti diberitakan, Ketua DPD Hanura Jawa Barat Aceng HM Fikri menyatakan kesiapannya melenggang di Pilgub Jabar 2018. Keinginan mantan Bupati Garut tersebut semakin mantap karena mengantongi restu dari Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Direstuinya Aceng yang fenomenal karena menikah siri selama empat hari saat menjadi Bupati Garut, semakin mantap menatap Pilgub Jabar tahun mendatang. Aceng yang memiliki jabatan strategis di Hanura tinggal berkonsolidasi dengan partai yang ingin berkoalisi.

Aceng pun tak masalah jika memang harus ditempatkan di posisi nomor dua, sekalipun memang harus mendampingi Ridwan Kamil. "Saya siap ikut pencalonan di Pilgub Jabar. Persoalan di nomor satu (calon gubernur) atau second line (calon wakil gubernur), saya serahkan pada realitas politik," katanya.

Tag Terkait