Nyagub Jabar, Emil harap warga Bandung tak khawatir

Oleh Muhammad Hasits pada 16 Maret 2017, 10:49 WIB

Bandung.merdeka.com - Relawan Kota Bandung (RKBDG) yang merupakan salah satu basis relawan pemenangan Ridwan Kamil dalam Pilwalkot Kota Bandung pada 2013 lalu meminta Kang Emil untuk meneruskan kepemimpinan sebagai Wali Kota periode kedua. Hal ini disampaikan oleh para relawan RKBDG saat menggelar press conference di Gedung Indonesia Menggugat, Rabu (15/3) kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengakui bahwa dirinya sudah bertemu dengan para relawan. Pria yang akrab disapa Emil ini menyebut, salah satu pesan yang disampaikan oleh relawan yakni mendukung apapun keputusan dirinya, namun lebih suka jika Ridwan meneruskan kepemimpinan periode kedua.

"Sebenernya relawan itu sudah ketemu dan menyampaikan pesannya begini, intinya mah tetap mendukung apapun keputusan saya. Jika keputusannya dua periode mereka lebih suka tapi tolong wakilnya yang baru harus bisa mengimbangi. Tapi jika ke Jawa Barat tetap mendukung, tapi tolong, dicarikan pengganti wali kotanya yang kompetensinya sama," ujar Emil saat dihubungi, Rabu (15/3) malam.

Emil menyampaikan terima kasih kepada relawan RKBDG terkait aspirasi yang disampaikan. "Nah jadi dua-duanya kan tentunya saya ucapkan terima kasih kan begitu. Karena saya kalau ikut Gubernur pun kan ke Bandungnya selesai 5 tahun berakhirnya sama," katanya.

Disinggung program Pemkot Bandung yang  belum tuntas, Emil meminta untuk tidak khawatir. Sebab masih ada waktu sekitar 1,5 tahun lagi untuk mewujudkan program yang belum terealisasi.

"Untuk mimpi-mimpi yang belum sampai, kan ada dua tahun anggaran lagi yang belum dibelanjakan. Jadi 'tong hariwang' (jangan khawatir). Mana LRT? Kan ini sudah 90 persen. 'Nggke weh kalo udah jrengna saya buktikan' (Nanti saja kalau sudah mulai saya buktikan). Masih ada di tahun 2017 proyek-proyek spekta yang akan hadir belum kelihatan, tahun 2018 masih banyak," katanya.

"Mimpi yang berat ini LRT, ini sudah deket, doakan. Saya teh engga mau banyak janji, tapi ini mah sudah dekat," imbuh Emil

Didukung Nasdem

Sementara terkait dukungan dari Nasdem, Ridwan Kamil membenarkan bahwa Partai besutan Surya Paloh itu akan mendeklarasikan dirinya sebagai cagub. Pria yang akrab disapa Emil ini mengucapkam terima kasih kepada Partai Nasdem.

"Saya teh banyak mendapat dukungan, baik dari relawan independen yang tidak punya partai, dari individu, maupun dari partai. Apa yang saya respon?  Saya ucapkan terimakasih kepada siapa saja yang mendukung. Masak tidak bilang terima kasih. Jadi saya berterima kasih," ujar Emil.

Menurut Emil, masalah jadi tidaknya dirinya menjadi calon gubernur yang diusung oleh Partai Nasdem, keputusannya ada saat  hari pendaftaran. Emil mengaku tidak mau terlalu percaya diri, sebab dirinya berkaca dari Pilgub DKI Jakarta bahwa kepastian menjadi kandidat Cagub-Cawagub berada di saat-saat akhir pendaftaran.

"Jadi antara sekarang didukung dengan kepastian itu masih ada perjalanan panjang 'satauneun' (setahun). Contoh, kenapa Saya tidak mau GR, seperti di Pilkada DKI sudah deklarasi Sandiaga Uno sebagai cagub dan Mardani Ali jadi wakil gubernur. Kan pas hari H berubah, Anies jadi gubernur, Sandiaga turun jadi wakil," katanya.

"Jadi dalam politik praktis deklarasi dukungan itu silakan saja. Tapi kepastiannya hanya akan diputuskan di hari H pendaftaran dan itu sesuatu yang harus tarik ulur," imbuh Emil.

Untuk itu, Emil yang saat ini sedang dinas di Bengkulu kembali menyampaikan  ucapan terima kasih kepada Partai Nasdem yang telah memberikan dukungan kepada dirinya untuk maju sebagai Cagub dalam Pilgub Jabar. Emil kembali menyampaikan bahwa kepastian dirinya diusung menjadi cagub hanya akan dipututuskan saat hari pendaftaran.

"Saya mengucapkan terima kasih. Hanya menjadi gubernurnya kan keputusan pas hari pendaftaran. Karena berkaca pada pilkada DKI didukung jauh-jauh hari pun pas hari H bisa beda. Makanya sikap paling terhormat saat ini saya ucapkan terimakasih kepada siapapun, baik independen maupun partai," ujarnya.

Deklarasi dukungan terhadap Emil akan dilakukan di Monumen Bandung Lautan Api (BLA) atau Lapangan Tegalega, Kota Bandung, pada Minggu (19/3) pagi. Dalam deklarasi ini, rencananya bakal hadir langsung sang ketua umum Nasdem Surya Paloh.

Tag Terkait