Video ini membuktikan baterai HP bisa meledak saat terlalu panas

user
Mohammad Taufik 18 Januari 2016, 11:58 WIB

Kasus baterai handphone (HP) meledak memang sering terjadi. Misalnya kasus yang terjadi di Tabanan, Bali pada 2013 lalu, hingga menyebabkan seorang bocah delapan tahun tewas. Baterai yang meledak itu lalu menancap di paha kiri si bocah, hingga akhirnya merenggut nyawanya meskipun sudah dibawa ke RSUD setempat.

Apakah baterai HP memang bisa meledak? Berikut ini video yang bisa membuktikan bahwa baterai HP memang bisa meledak. Video yang diunggah akun Iwan Setiawan ini mengambil contoh baterai Lithium Ion (Li-ion) yang dipanaskan dengan semacam hair dryer tapi daya panasnya lebih tinggi.

Baterai yang diciptakan oleh M. S. Whittinghamjenis ini memang sedang populer saat ini. Pada mayoritas kasus ponsel meledak penyebab utamanya adalah baterai. Baterai Li-ion memiliki keunggulan lebih ramping dan bobot lebih ringan. Selain itu, baterai ini bisa diisi ulang dengan cepat dan memiliki daya penyimpanan terbaik.

Namun kelemahannya, baterai ini cukup sensitif terhadap perubahan suhu. Apalagi bila ditaruh di tempat dengan suhu tinggi, bisa jadi baterai ini akan meledak. Tidak percaya? Coba lihat di video ini.

Kredit

Bagikan