Cek mata Anda buta warna atau tidak dengan huruf 'tokek' ini

user
Mohammad Taufik 12 Januari 2016, 11:11 WIB

Banyak orang tidak menyadari ternyata dia mengidap buta warna. Celakanya, baru ketahuan belakangan ketika mengikuti tes pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), tes masuk TNI, Polri atau Pegawai Negeri Sipil. Ada baiknya kenali mata Anda lebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh agar lebih siap menatap masa depan.

Perlu Anda ketahui, buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu disebabkan oleh faktor genetis. Artinya, buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari orangtua kepada anaknya.

Kebanyakan penderita buta warna mengalaminya sejak lahir. Penderita buta warna akibat faktor genetika jauh lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Kelainan ini akan mempengaruhi pengalaman belajar seorang anak. Itu sebabnya sangat penting untuk mengenali buta warna sejak awal.

Anak-anak yang mengalami buta warna akan merasa kesulitan di sekolah jika gurunya tidak tahu tentang masalah ini. Selain itu, kondisi ini juga bisa memengaruhi pilihan pekerjaan yang memerlukan pengenalan warna secara akurat, seperti masinis, pemandu lalu-lintas udara, pilot, dan ahli listrik.

Selamat mencoba, dan bagi yang buta warna tidak usah minder. Rizki sudah ada yang mengatur:

Kredit

Bagikan