Oded luncurkan program warung warga mandiri di Sukaraja

user
Endang Saputra 28 Mei 2018, 11:51 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Calon Wali Kota Bandung nomor urut 3, Oded Muhammad Danial meluncurkan program warung warga mandiri di Kelurahan Sukaraja. Warung warga mandiri merupakan warung atau toko ritel yang dibentuk dengan semangat kemandirian warga.

"Hari ini menjadi hari bersejarah bagi warga Bandung daerah Sukaraja. Kini warga Bandung memiliki warung berstandar supermarket. Kini kita bisa merasakan suasana supermarket dengan harga warung," ujar Oded di sela acara peluncuran di Jalan Raden ganda no 24, RT 02 RW 10, Kelurahan Sukaraja, Cicendo, Minggu (27/5).

Oded mengatakan, program warung warga mandiri (Warwaman) ini dibuat atas iniasiasi warga yang ingin meningkatkan daya beli masyarakat terhadap bisnis kerakyatan. Di mana modal warung ini berasal dari warga sendiri dengan membayar iuran dan kartu anggota. Bagi warga yang sudah terdaftar sebagai anggota warung warga mandiri maka akan mendapatkan bagi hasil atas hasil jual-beli di Warwaman.

"Barang UKM hasil karya warga pun bisa diperjualbelikan secara luas. Hal ini menjadi semangat baru bagi perekonomian rakyat menengah ke bawah, karena selama ini warung terkesan dengan tempat jual-beli yang tidak sistematis dan konvensional," kata dia.

Menurut Oded, kehadiran warung warga mandiri ini juga mempunyai fasilitas dan juga sistem setara dengan supermarket. Hal ini sebagai cara untuk menggulirkan roda perekonomian masyarakat lewat usaha kerakyatan.

"Ini barulah awal dengan Sukaraja sebagai warung percontohan. Perlu untuk penjagaan fasilitas dan pelayanan agar warung warga mandiri ini bisa bersaing dengan supermarket dan mampu memperluas area jual-beli terutama di seluruh Kota Bandung," katanya.

Kredit

Bagikan