Foto: Karnaval Kemerdekaan di Bandung yang dihadiri Presiden Jokowi

Oleh Mohammad Taufik pada 26 Agustus 2017, 21:00 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti rangkaian Karnaval Kemerdekaan HUT RI ke-72 di Kota Bandung. Kendaraan hias yang ditumpangi Jokowi berada paling depan. Pimpinan negara ini tampak didampingi istri Iriana Jokowi yang kompak mengenakan pakaian ungu khas Jawa Barat.

Di dalam satu kendaraan hias, turut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Mereka masing-masing didampingi istri.

Pawai kendaraan hias itu mengambil titik kumpul di depan Gedung Sate‎, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (26/8) sekitar pukul 14.30 WIB. Pawai dimulai dari Kereta Pancasila yang digunakan Jokowi. Lalu disusul iring-iringan lainnya yang mengekor.

Jokowi sebelum menaiki Kereta Pancasila memukul kentongan berlambang kujang sebanyak tujuh kali. Pemukulan itu menandai dimulainya rangkaian penutupan HUT RI ke-72.

Karnaval Kemerdekaan ini akan diikuti sekitar 60 iring-iringan. ‎Terlibat di dalamnya sekitar 2.500 peserta karnaval yang berasal dari 34 provinsi dan komunitas. Peserta Karnaval akan menempuh rute Jalan Diponegoro - Jalan IR H Djuanda (Dago) - Jalan Merdeka - dan berakhir di Alun-Alun Bandung.

Presiden kenakan pakaian adat Sunda

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampil 'menyala' di puncak rangkaian Kemerdekaan Indonesia ke-72. Jokowi hadir dengan pakaian adat Sunda dengan warna ungu cerah. Sebagai identitas tidak lupa Jokowi menggunakan ikat yang selaras dengan warna bajunya.

Jokowi didampingi sang istri Iriana Jokowi hadir ke panggung kehormatan Sabtu (26/8) pukul 14.10 WIB. Tampak mendampingi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan serta istri Netty Heryawan, Jokowi langsung menyalami para pelajar.

Sebelumnya para menteri kabinet kerja sudah ada di lokasi, diantaranya Menkominfo Rudiantara berbaju ada NTT, dan Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono.
‎Tampak juga Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan istri yang mengenakan beskap Sunda warna putih.

Setiba di lokasi Jokowi langsung disambut nyanyian lagu Indonesia Raya yang dipimpin langsung Adie MS dan dilanjutkan dengan tarian Sabilulungan dari Lembaga Budaya Titi Mangsa untuk kemudian berdoa.