Ini alasan Doel Sumbang urungkan niat berhenti dari dunia musik

user
Farah Fuadona 02 Juli 2016, 14:59 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Doel Sumbang, penyanyi senior yang tenar berkat tembang duetnya bersama Nini Carlina berjudul "Kalau Bulan Bisa Ngomong" itu mengaku akan lengser dari dunia tarik suara. Keputusannya untuk mundur dari kegiatannya sebagai penyanyi sudah disetujui oleh keluarga. Baik istri serta anak-anaknya mendukung penuh keputusan penyanyi asli Jawa Barat ini.

"Sudah didiskusikan dengan istri dan anak-anak, semuanya mendukung dan menyerahkan keputusan sepenuhnya di tangan saya," ujar Doel kepada Merdeka Bandung saat ditemui dikediamannya, Sabtu (2/7).

Namun, keputusan penyanyi dengan nama asli Abdul Wahyu Affandi itu kembali diurungkan setelah mendapati sebuah kejadian. Di mana ia duduk tertegun dan memikirkan semua hal.

"Beres konser di Cianjur, saat itu hujan deras sekali. Saya belum bisa pulang dan duduk di belakang panggung. Saya berpikir, kalau saya berhenti menyanyi akan ada banyak orang yang kehilangan mata pencahariannya," jelasnya.

Pemilik tembang "Ai" dan "Kali Merah" itu berpikir jauh mengenai semua orang yang berada di belakang panggung. Mulai dari mereka yang memasang panggung, penjaga keamanan kala ia bernyanyi di atas panggung, dan lainnya.

Sontak hati Doel bergemuruh. Ia tak bisa egois dengan keputusan sepihak yang nantinya dikhawatirkan akan merugikan banyak pihak. Doel tak ingin menghilangkan mata pencaharian orang karena keputusan yang diambilnya.

"Sempat galau berhenti nyanyi atau tidak. Saya benar-benar memikirkan mereka yang bekerja keras di belakang panggung pada saat saya manggung. Saya tidak boleh egois," jelasnya.

Seraya berpikir dan mengambil keputusan terbaik, akhirnya Doel mengurungkan niatnya. Keputusan untuk berhenti di dunia musik tak jadi diambil karena banyak faktor yang dipikirkannya.

Hingga saat ini, pria berkacamata itu masih aktif bernyanyi diberbagai kesempatan serta menciptakan lagu. Diusianya yang sudah tak muda lagi, ia masih terbilang begitu produktif menciptakan karya terbaiknya.

Kredit

Bagikan