1. BANDUNG
  2. PARIWISATA

Wisata ke Pangandaran dengan Kereta Api Cuma Bayar Rp 1

Sekarang dibuka jalur baru dari Gambir ke Pangandaran.

©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 02 Januari 2019 16:37

Merdeka.com, Bandung - Bagi warga Jakarta dan Bandung yang tengah mengidamkan berlibur ke Pantai Pangandaran, kini tak perlu lagi membayangkan perjalanan macet karena antrean kendaraan kurang bersahabat khususnya pada musim libur. Soalnya, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) baru saja secara resmi meluncurkan KA Pangandaran relasi Stasiun Gambir - Bandung - Banjar (PP) dan Bandung - Banjar (PP).

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, secara resmi hari ini KAI meluncurkan KA Pangandaran. Jadi, bagi warga Bandung atau Jakarta  yang ingin berekreasi ke Pantai Pangandaran bisa melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Begitupun sebaliknya bagi warga Banjar yang ingin menghabiskan waktu liburnya ke Bandung atau Jakarta bisa mendapat kepastian waktu perjalanan.

“Dalam momen peresmian ini, selama satu bulan penuh kami memberlakukan promo dengan harga Rp 1. Kehadiran KA Pangandaran ini karena kebutuhan, sekarang jalanan sudah macet. Makanya kami sebagai angkutan masal ini membantu, bukan bersaing dengan angkutan darat lainnya,” ujar Edi kepada Merdeka Bandung  saat ditemui di Stasiun Bandung, Rabu (2/1).

Satu rangkaian KA Pangandaran terdiri dari empat unit kereta eksekutif dan empat unit kereta ekonomi premium dengan kapasitas total 520 tempat duduk. Untuk jarak sekitar 328,8 Km antara Jakarta - Banjar, kereta ini akan menempuh waktu sekitar delapan jam, dan dari Bandung ke Banjar dengan jarak 155,8 kilometer ditempuh sekitar empat setengah jam.

Peluncuran KA Pangandaran dilakukan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Banjar, Jawa Barat. Launching KA tersebut juga disaksikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

“Kapasitasnya 520 penumpang, juga ada eksekutifnya. Kalau ongkos setelah promo selesai ini tentunya kami selalu mengikuti tarif batas atas dan batas bawah supaya enggak melanggar yang digariskan pemerintah. Yang pasti kalau kita bisa memberikan biaya murah ya kenapa tidak supaya masyarakat Jabar bisa menikmati angkutan masal,” paparnya.

Adapun jadwal KA Pangandaran adalah KA 12410 Relasi Gambir - Bandung - Banjar berangkat Gambir pukul 07.50 WIB, datang Bandung pukul 11.07 WIB, berangkat Bandung pukul 11.40 dan tiba di Banjar pukul 15.56 WIB, lalu KA 12379 Relasi Banjar - Bandung berangkat Banjar pukul 16.20 WIB, datang Bandung pukul 20.34 WIB.

KA 12412 Relasi Bandung - Banjar berangkat Bandung pukul 09.10 WIB, datang Banjar pukul 13.03 WIB, lalu KA 12377 Relasi Banjar -Bandung - Gambir berangkat Banjar pukul 13.55 WIB, tiba di Bandung pukul 18.34 WIB, berangkat Bandung pukul 19.05 WIB, dan tiba di Gambir pukul 22.34  WIB.

Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan KA, KAI memberikan tarif promo untuk KA Pangandaran keberangkatan tanggal 2 Januari hingga 1 Februari 2019 dengan detail Gambir-Banjar (pp) Kelas Eksekutif Rp 160 ribu dan Kelas Ekonomi Premium Rp 110 ribu. Kelas ekonomi premium ini setara dengan Tarif Argo Parahyangan, Bandung-Gambir (pp).

Bandung-Banjar (pp) Kelas Eksekutif dan Ekonomi Premium Rp 1 dengan syarat dan ketentuan yakni pembelian tiket Rp 1 melalui loket tidak dikenakan biaya alias gratis, pembelian tiket Rp 1 melalui KAI Access dan Website KAI tidak dikenakan bea pesan, pembelian tiket Rp 1 melalui channel eksternal dikenakan bea pesan sesuai kebijakan masing-masing channel, dan pembelian tiket Rp 1 tidak dapat dilakukan di Ticket Vending Machine.

Adapun tarif normal setelah masa promo adalah Eksekutif Tarif Batas Bawah (TBB) Rp 150 ribu dan Tarif Batas Atas (TBA) Rp 520 ribu, Ekonomi Premium Tarif Batas Bawah (TBB) Rp 100 ribu dan Tarif Batas Atas (TBA) Rp 330 ribu.

Pemesanan tiket KA Pangandaran bisa dilakukan mulai H-30 keberangkatan di aplikasi KAI Access, web KAI, Loket Stasiun, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Tiket Promo KA Pangandaran ini tidak dapat dibatalkan atau diubah jadwal, digabungkan dengan reduksi/promo lainnya, dan hanya dilayani jika tempat duduk masih tersedia.

(MH/AA)
  1. Wisata Alam
  2. Zona Turis
  3. Kereta api
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA