1. BANDUNG
  2. PARIWISATA

Target 20 Juta wisawatan tahun 2019, road to ITO 2018 digelar di Bandung

"Ini adalah tantangan kita bersama. Untuk mencapai target tersebut, kita harus bergerak cepat agar bisa bersaing dari sektor pariwisata".

Edy Wardoyo. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Kamis, 11 Oktober 2018 09:57

Merdeka.com, Bandung - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang menjadi unggulan di Tanah Air. Tak main-main, Presiden Joko Widodo bahkan memasang target 20 juta wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada tahun 2019 mendatang. Tentu ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk mencapai angka tersebut.

Segala upaya dilakukan, salah satunya adalah dengan adanya rencana penyelenggaraan Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2018. Acara ini rencananya akan hadir pada November mendatang. Namun, kegiatan menuju ITO 2018 ini sudah diselenggarakan di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung, Rabu (10/10).

Sekretaris Deputi Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata, Edy Wardoyo mengatakan, target 20 juta wisatawan pada tahun depan tentu bukan hal mudah untuk dicapai. Ini merupakan tantangan besar. Bukannya takut, optimisme Presiden RI Joko Widodo akan target tersebut seharusnya menular pada semua stakeholder untuk mampu bersama-sama berjuang mencapainya.

"Ini adalah tantangan kita bersama. Untuk mencapai target tersebut, kita harus bergerak cepat agar bisa bersaing dari sektor pariwisata ini," ujar Edy kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara Road to Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2018 - Prospek dan Tantangan Pariwisata Indonesia Tahun 2019 di STP NHI Bandung, Rabu (10/10).

Dengan diselenggarakannya 'Road to Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2018 - Prospek dan Tantangan Pariwisata Indonesia Tahun 2019', ini menjadi salah satu upaya untuk mencapai target tersebut. Dimana dalam kegiatan ini, pemerintah khususnya pihak kementerian pariwisata mengajak berbagai pihak untuk sama-sama membangun sektor pariwisata agar bisa semakin dilirik oleh wisatawan.

"Acara ini akhirnya bisa terselenggara. Dalam perencanaannya, mencari tanggal pelaksanaan acara ini sangat sulit, banyak kendala. Kegiatan ini secara khusus menyorot perkembangan pariwisata ke depan, memang acara ini relevan. Pariwisata tentunya menjadi sektor penting bagi Indonesia karena ini menjadi sektor unggulan. Sektor ini penting dan banyak pihak siap mendukung. Dari hasil rakornas ke tiga kemarin, semua menyatakan tantangan pariwisata ini berat," jelas Edy.

Target 20 juta wisatawan bisa dibilang angka fantastis bila dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisatawan ke Tanah Air berkisar 10,4juta pada tahun 2015. Bila dibandingkan dengan tiga tahun lalu, ada 20 juta itu artinya jumlah kunjungan wisatawan ditargetkan bisa meningkat pesat hingga 100 persen.

Hingga saat ini berbagai upaya telah dilakukan untuk mencapai target tersebut. Salah satunya adalah dengan menggelontorkan dana empat hingga lima kali lipat lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang akan dialokasikan untuk promosi pariwisata.

(ES/AA)
  1. Info Kampus
  2. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA