1. BANDUNG
  2. PARIWISATA

Lebih dekat dengan Merak Hijau yang bebas bekeliaran di Bandung Zoo

"Sebelum dilepaskan dari kandangnya, tentu saja merak-merak ini sudah mendapatkan latihan. Prosesnya dua bulan".

Merak Hijau. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Minggu, 14 Oktober 2018 11:56

Merdeka.com, Bandung - Sejak Rabu (10/10) lalu, pengunjung Bandung Zoo bisa lebih dekat berinteraksi dengan merak hijau. Soalnya, ada lima ekor merak hijau yang dilepas bebaskan di area Bandung Zoo. Mereka tak lagi berada di kandang.

Keeper burung merak di Bandung Zoo, Gigin Ginanjar mengatakan, dilepas bebaskannya ke lima merak hijau ini sebagai salah satu atraksi yang ditawarkan oleh Bandung Zoo. Dengan begitu, pengunjung bisa mendapat pengalaman baru kala berkunjung ke tempat wisata edukasi ini.

"Sebelum dilepaskan dari kandangnya, tentu saja merak-merak ini sudah mendapatkan latihan. Prosesnya dua bulan. Proses ini dibutuhkan agar para merak terbiasa berinteraksi dengan pengunjung," ujar Gigin kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Bandung Zoo, Sabtu (13/10).

Proses latihan yang dijalani oleh ke lima merak hijau ini adalah semula merak dilepas setiap paginya dan diberi makan pada area sekitar kandang. Disitu, merak ini masuk diberi batas berupa net atau jaring berukuran 20x8 meter.

"Dari situ merak ini dibiasakan diberi makan. Setelah melewati masa latihan dan dilihat mereka benar-benar siap, baru kami lepas bebaskan. Rupanya setelah mengikuti latihan ini, para merak semakin nurut dan mengerti setiap arahan yang saya berikan," jelasnya.

Ke lima merak hijau ini berkeliaran dengan bebas. Namun, pada saat jam makan tiba, para merak akan dipanggil dengan tiupan peluit. Ke lima merak ini pun kemudian akan mendekat mengikuti instruksi dari sang keeper.

Sementara itu, Marketing Communication Bandung Zoo, Sulhan Syafii mengatakan, dengan adanya atraksi baru ini, diharapkan mampu menjadi daya tarik baru bagi pengunjung. Meski sudah terlatih, kata pria yang akrab disapa Aan ini, pengunjung harus tetap berhati-hati.

"Pada dasarnya,merak ini adalah satwa liar. Jadi tetap harus tetap hati-hati. Kita bebas bercengkrama dengan satwa ini tapi harus tahu batasan, jangan sampai membahayakan diri sendiri," tutur Aan.

Selama beberapa hari merak hijau ini dilepas bebaskan, rupanya para merak ini bisa bersahabat dengan para pengunjung. Tanggapan positifpun hadir dari sederet pengunjung yang datang dan menilai ini merupakan nilai lebih dari Bandung Zoo karena bisa membuat pengunjung lebih dekat dengan merak hijau.

(ES/AA)
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA