1. BANDUNG
  2. PARIWISATA

Dongkrak kunjungan wisatawan, Disbudpar bikin paket wisata murah 'Hot Deals'

"Kota Bandung juga sudah membuat menyusun paket wisata. Selama dua bulan kami menyusun ini. Agak menantang juga, karena paket wisata hot deals".

Disbudpar Kota Bandung. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Selasa, 09 Oktober 2018 15:01

Merdeka.com, Bandung - Beragam upaya terus dilakukan Pemkot Bandung untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kota Bandung. Salah satu upaya itu dilakukan Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) dengan menggagas paket program paket wisata 'Hot Deals'.

Kepala Disbudpar Kota Bandung Dewi Kaniasari, mengatakan, paket wisata ini dibuat sebagai tindaklanjut dari program Kementerian Pariwisata 'Visi Wonderfull Indonesia' yang menargetkan kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia. Lewat paket wisata 'Hot Deals' ini menjadi salah satu program untuk menarik wisatawan datang ke Bandung.

"Kota Bandung juga sudah membuat menyusun paket wisata. Selama dua bulan kami menyusun ini. Agak menantang juga, karena paket wisata hot deals ini bersaing pay less-nya dibanding wisata reguler," ujar wanita yang akrab disapa Kenny ini kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (9/10).

Menurut Kenny, dalam program paket wisata ini pihaknya bekerjasama dengan asosiasi hotel dan operator tour travel. Dengan adanya paket wisata ini diharapkan dapat meningkatkan gairah industri pariwisata, mulai dari okupansi hotel hingga kunjungan ke tempat-tempat wisata di Kota Bandung dan Bandng Raya.

"Tingkat Okupansi hotel di Kota Bandung kan berada di angka 58,33 persen. Mudah-mudahan dengan adanya paket wisata ini meningkat jadi 60-65 persen," ucapnya.

Untuk tahap awal paket wisata ini akan dibuka delama periode 11-24 Oktober. Jika animo masyarakat tinggi, panjualan paket wisata ini akan diperpanjang.

Sementara itu Ketua Asosiasi Hotel Bintang Kota Bandung, Fery Ferdiansyah mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Traveloka untuk memasarkan paket wisata 'Hot Deals'. Diharapkan dengan adanya kerjasama tersebut paket wisata hot deals ini dapat tersosialisasikan kepada masyarakat.

"Jadi teknis untuk program Bandung Hot Deals ini kerjasama dengan travel agent terbsar yakni traveloka. Diharapkan dengan kerjasama ini promosinya lebih booming. Dari segi harganya pun dipastikan lebih murah 10 persen dibanding paket reguler," kata dia.

Adapun paket yang ditawarkan kepada wisatawan nantinya akan mendapatkan fasilitas menginap di hotel berbintang.
Paket yang ditawarkan terdiri dari lima jenis diantaranya paket city tour yakni berwisata di dalam kota. Tujuan lokasi yang dikunjungi mulai Gedung Sate sampai Saung Angklung Udjo. Selain itu ada juga paket satu tempat, yang hanya mendatangi satu wilayah tempat wisata seperti wilayah Bandung Utara (Lembang) ataupun wilayah Bandung Selatan (Ciwidey).

"Untuk lama perjalanan wisata, disesuaikan dengan permintaan wisatawann, boleh menginap semalam, sampai 1 Minggu. Kita akan trail di tanggal 11 -24 Oktober. Fasilitas mulai dari hotel bintang 3,4, 5. Jadi dari 10-24 Oktober itu periode bookingnya. Jika trail ini berhasil, maka periode hot deals akan diperpanjang," katanya.

(ES/DR)
  1. Info Wisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA