Tujuan mulia, BSM dukung kemandirian ekonomi masjid lewat PPOB

user
Farah Fuadona 17 September 2016, 21:06 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dengan memiliki tujuan mulia yang begitu sederhana yakni menjadikan masjid ramai karena banyaknya jamaah yang datang dan masjid memiliki kemandirian dari segi ekonomi, Bank Syariah Mandiri (BSM) mendukung penuh dengan menerapkan program Payment Point Online Bank (PPOB).

PPOB yang merupakan penyedia jasa pembayaran online ini bertujuan memudahkan jemaah masjid untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran. Seperti pembayaran PLN, BPJS Kesehatan, Produk Telkom, hingga PDAM.

Program & Business Team Leader Retail Deposit Group BSM, Tony B. Kartono mengatakan, program dukungan jangka panjang yang diberikan kepada masjid ini adalah pertama kalinya. Masjid Salman ITB akan menjadi pilot project untuk program tersebut.

"Dana yang digunakan sebagai modal awal kerjasama ini berasal dari CSR. Biasanya kami hanya melakukan kerja sama dengan memberikan donasi, kalau gitu kan sekali beres. Nah, kalau sekarang buat kerjasama jangka panjangnya," ujar Tony kepada Merdeka Bandung di Masjid Salman ITB, Jumat (16/9).

Dengan program PPOB ini, diharapkan sebanyak 20 masjid yang kami ajak kerjasama dan BSM akan menjalin silaturahmi dengan baik. Kami harapkan dengan adanya program ini masjid bisa memiliki kemandirian secara finansial.

Program ini juga merupakan salah sayu upaya BSM dalam mendorong institusi-institusi keagamaan khususnya masjid, untuk mulai mendukung perbankan syariah. Pasalnya, kebanyakan masjid di Indonesia masih menggunakan layanan bank konvensional.

Bisa dikatakan, dengan adanya program PPOB ini juga dapat memicu masyarakat untuk mulai menggunakan produk bank syariah. Demi membantu kemandirian masjid tersebut pihak BSM memberikan fasilitas penunjang secara cuma-cuma.

"Fasilitas yang diberikan adalah perangkat keras, deposito awal sebesar Rp 500ribu, hingga pelatohan. Dengan adanya program ini diharapkan masjid tidak hanya mengandalkan donasi dari jamaah, tapi justru menolong jamaah," katanya.

Beberapa masjid yang bekerjasama dalam program PPOB adalah Masjid yg ikut program BSM Salman ITB, masjid ta'lim nurul insani (arjasari, kab Bandung), Nurul Falah( Dago Pojok, kota Bandung), Mushola AL Husaeni(Arjasari, kab. Bandung), dan Masjid Darul Ulum ( Pasirhonje, Kab. Bandung).

Kredit

Bagikan