Lukisan fenomenal Mona Lisa menongkrongi Jalan Braga

user
Farah Fuadona 17 Mei 2016, 14:47 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Ingat Leonardo da Vinci, nama seniman Italia ini sempat mencuat lewat Film Da Vinci Code. Namun jauh sebelum film tersebut melejit, Da Vinci sudah lama terkenal antara lain lewat lukisan Mona Lisa.

Nah di Bandung lukisan abad ke-16 itu bisa ditemui. Tentu bukan lukisan asli Leonardo Da Vinci, tetapi hanya tiruan saja. Lukisan ini dipajang di salah satu lapak lukisan yang ada di Jalan Braga, Bandung.

Lukisan Leonardo da Vinci KW itu selintas mirip aslinya. Lukisan berukuran 50x80 meter menggunakan cat minyak. Pelukisnya adalah Yosi, warga Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Mustari Selamet (60) si penjual lukisan Leonardo da Vinci KW menyebutkan lukisan tersebut cukup menarik perhatian. Sudah beberapa orang yang nanya harga, termasuk Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Lukisan tiruan Mona Lisa di antara deretan lukisan minyak di Jalan Braga
© 2016 merdeka.com/Iman Herdiana


"Sudah banyak yang nawar, tapi belum ada yang cocok harganya. Pak Wali (Wali Kota Bandung) juga suka, malah nanya juga  berapa harganya," kata Mustari kepada Merdeka Bandung, Selasa (17/5).

Rencananya, lukisan tersebut akan dijual di atas Rp 500 ribu Namun sejauh ini yang nawar masih di kisaran Rp 500 ribu "Sebagai kolektor kolektor seni, kalau dijual murah sayang. Saya suka lukisannya," katanya.

Banyak pula yang menanyakan keaslian lukisan tersebut. Mustari pun menjelaskan bahwa lukisan tersebut tiruan dari foto lukisan Da Vinci.

"Kalau mirip 100 persen sih tidak, tapi saya suka lukisannya," katanya.

Lukisan tersebut dilukis tahun 2015. Ia pun sedikit bercerita tentang karya Da Vinci. Menurutnya model lukisan yang terkenal karena senyuman yang misterius itu adalah Da Vinci sendiri.

"Itu adalah laki-laki yang perempuan," kata pria yang sudah menjual lukisan di Jalan Braga sejak tahun 70-an.

Kredit

Bagikan