Jangan hanya sekedar hobi, jadikan piknik sebagai ladang penghasilan

user
Farah Fuadona 21 November 2017, 17:16 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi Anda pecinta piknik dan menjelajah ke berbagai daerah baik di Indonesia maupun luar negeri, jangan hanya menjadikan itu sekedar hobi. Justru manfaatkan hobi menjadi sebuah ladang penghasilan.

Aplikasi Open Trip menawarkan itu. CEO Open Trip, David Cuh Sitohang merancang sebuah aplikasi bernama Open Trip yang dibuat untuk menghubungkan traveler dengan trip leader ataupun sebaliknya.

Dalam aplikasi ini, seorang traveler berpengalaman dapat menjadi trip leader. Di mana ia mendapat berbagai keuntungan selain berkenalan dengan traveler baru, tetapi juga dapat menentukan dan menerima pembayaran dari traveler yang menggunakan jasanya.

"Aplikasi layanan trip memang sudah banyak di Indonesia, tetapi Open Trip merupakan aplikasi pertama yang fokus kepada networking, di mana fitur-fitur yang disediakan berfungsi untuk memperkuat jejaring sosial antar traveler," ujar David kepada Merdeka Bandung, Selasa (21/11).

Ia menjabarkan, fitur-fitur dalam Open Trip diantaranya profil traveler dan joined member untuk mengetahui siapa saja yang berpartisipasi dalam suatu trip.

"Fitur chat dan fitur activity untuk mengetahui kegiatan semua traveler. Pada umumnya, aktivitas open trip dilaksanakan secara random. Kita tidak tahu profil traveler lain seperti apa. Nah, dengan menggunakan Open Trip, kita bisa mengenal rekan traveler lebih dekat dan terus menjalin networking dengan mereka," jelas dia.

Open Trip juga menawarkan fitur lain seperti browse trips yang memudahkan traveler mencari trip berdasarkan destinasi, kategori, tanggal dan rekomendasi dari Open Trip.

Fitur create trip berguna bagi trip leader dalam menyusun paket perjalanan dan menawarkannya pada traveler. Fitur detailed itinerary dibuat dengan detil, rapi, dan menunjukkan letak meeting point traveler dengan trip leader malalui google Maps. Fitur Book Trip memungkinkan traveler dapat memesan paket perjalanan langsung.

Setelah memesan paket perjalanan, traveler membayar melalui fitur payment yang terintegrasi langsung dengan pesanan perjalanan.

"Sejak usia 12 tahun saya sudah hobi traveling. Awalnya saya mengeksplor semua tempat di kota kelahiran dulu, hingga ketagihan traveling ke Labuan Bajo, Jayapura, dan Raja Ampat. Saya mulai terpikir betapa butuhnya traveler merasa aman dan nyaman traveling dengan trip leader. Maka, Open Trip memiliki fitur review dan rating untuk trip leader, sehingga quality control trip leader terjaga dan meningkatkan kepercayaan traveler,” pungkasnya.

Berawal dari pengalaman pribadi David yang hobi traveling dan kekhawatirannya ditipu oleh trip leader, ia mengembangkan ide Open Trip yang muncul bersama teman-teman sekolah pada September 2015. Kesibukan teman-temannya, membuat aplikasi Open Trip tidak berkembang maksimal.

Berkat keyakinannya, Open Trip dapat membantu banyak orang. Pada Mei 2017 ia bersama CMO Open Trip Made Utari Dwiyani Open Trip memberanikan diri untuk membuat kembali Open Trip.

“Open Trip mengincar tipe traveler dengan karakter busy-socialite, yakni mereka yang memiliki kesibukan bekerja, bisnis, atau perkuliahan dan menyukai networking sembari traveling. Trip leader yang handal dan terpercaya tentu dibutuhkan oleh para busy-socialite, karena berkat kesibukannya, mereka sulit membuat perencanaan lengkap tentang perjalanannya,” jelas dia.

Open Trip sebenarnya terbuka untuk seluruh usia, tetapi berfokus pada usia 18 hingga 40 tahun yang umumnya berkarakter busy-socialite. Sejak tersedia di Google Playstore September 2017, telah ada sekitar 2.000 pengguna dan telah melayani lebih dari 100 transaksi dengan jumlah trip leader lebih dari 100. Tahun ini, Open Trip menargetkan 10.000 pengguna dan 100.000 pengguna aktif di tahun 2018.

"Buat trip buddies, atau siapapun yang suka traveling, ingin menambah teman baru, nggak mau ribet ngurusin detil perjalanannya, yuk join aplikasi Open Trip dan dapatkan banyak kemudahan serta promo menarik dari kita. Trip Jaman Now? Ya pake aplikasi Open Trip dong,” tutup dia.

Kredit

Bagikan