Gurame bakar Nyi Iteung, si hitam manis nan menggiurkan

user
Farah Fuadona 19 Januari 2017, 10:55 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi warga Sunda, siapa yang tak tahu sosok Nyi Iteung? Wanita hitam manis yang merupakan pemeran utama dalam Film Kabayan ini memang sempat mencuri perhatian pada era 1990an. Rupanya, kini Nyi Iteung hidup kembali. Namun bukan dalam sebuah film, tetapi dijagad kuliner.

Di tangan sang juru masak Rumah Makan Erlangga, sosok Nyi Iteung yang dikenal hitam manis itu bisa menginspirasi. Lewat bahan baku gurame, ia membuat olahan makanan yang menggiurkan dan tentu saja menggoda layaknya Kabayan tergila-gila pada Nyi Iteung.

Dada bercerita, dengan title Gurame Bakar Nyai Iteung, ia membuat sebuah olahan masakan yang cantik namun hitam. Gurame berbobot 500 gram yang diraciknya ini diharapkan mampu menyerupai Nyi Iteung yang sedap dipandang. Namun, Gurame Bakar Nyai Iteung ini tak hanya sedap dipandang, juga sedap di lidah.

"Seperti namanya, gurame ini merupakan ikan yang pada bagian tengahnya dibelah lalu dibakar. Pembelahan ikan dilakukan agar bumbu meresap hingga ke dalam saat dibakar, jadinya lezat disantap," ujar Dada kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Rumah Makan Erlangga, Kamis (19/1).

Sebelum dibakar, gurame direndam selama 15 menit dengan beragam rempah-rempah. Kemudian dibakar dengan bumbu rahasia khas Rumah Makan Erlangga. Bercita rasa manis dan gurih, bumbu rahasia yang dibubuhkan pada gurame ini sangat pas bila disantap dengan nasi panas.

"Seporsi gurame bisa dimakan untuk berempat. Ukurannya yang cukup besar bisa dimakan ramai-ramai. Dimakan sama nasi panas dan tentu saja sambal, sangat pas untuk makan siang ataupun makan malam bersama keluarga," jelasnya.

Untuk menyantap kelezatan Gurame Bakar Nyai Iteung ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 65.500 saja. Bisa disantap untuk berempat, harga yang dibanderol murah bukan? Tentu saja. Yuks segera cicip makanan khas Sunda lainnya di Rumah Makan Erlangga, Jalan Sukajadi.

Kredit

Bagikan