Tiga olahan kambing yang wajib di Idul Adha

user
Muhammad Hasits 12 September 2016, 13:50 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com -

Pada Idul Adha, banyak orang mendapatkan daging kurban. Ada daging sapi dan kambing.

Kalau kamu dapat daging kambing, berikut adalah tiga olahan daging kambing yang familiar dan kerap tak pernah dilewatkan oleh para pecinta makan khususnya daging kambing. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Sate

Sate, makanan yang satu ini sangatlah familiar bagi warga Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Momen Idul Adha seringkali dimanfaatkan sebagai waktu pesta sate. Selain karena olahan ini mudah dilakukan, sate juga memiliki citarasa lezat yang menggugah selera. Untuk mengolah daging kambing yang Anda miliki, mengolahnya menjadi sate maranggi ala Purwakarta, atau sate dari Madura dengan bumbu kacang bisa menjadi pilihan.

2. Tongseng

Bagi yang suka makanan kaya akan rempah dan bercitarasa pedas, kambing diolah menjadi semangkuk tongseng adalah pilihan tepat. Makanan ini diolah dari bumbu seperti ketumbang, serai, daun bawang lengkuas, cabai, daun salam, bawang merah, serta bawang putih yang dihaluskan. Kemudian semua bumbu dimasak menjadi satu hingga daging terasa empuk dan bumbu menyerap sempurna.

3. Gulai

Sebenarnya butuh waktu ekstra untuk memasak gulai akan lezat sempurna. Namun bagi Anda pecinta makanan bersantan, gulai kambing tentu saja sangat pas untuk menjadi olahan dikala hari raya Idul Adha. Gulai kambing yang dimasak hingga membuat kambing sangat empuk kemudian disantap dengan ketupat khas momen hari raya, akan membuat Idul Adha terasa lebih sempurna.

Sementara itu, kambing yang diolah menjadi makanan berkuah biasanya menghadirkan aroma tak sedap jika Anda tak piawai memasaknya. Juru masak dari Grand Royal Panghegar Hotel, Chef Anton berbagi tips agar hidangan kambing berkuah terasa lezat dan aroma kambing yang dikenal menyengat tak terasa lagi.

"Daging kambing yang bau prungus itu dilumuri dengan remasan daun pepaya yang sudah dicuci bersih. Biarkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air bersih dan baru saja dimasak," ujar Chef Anton kepada Merdeka Bandung saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (12/9).

Kredit

Bagikan