Ikan Patin Buluh Sumpu, makanan khas Manado ini ada Bandung loh

user
Mohammad Taufik 23 Mei 2016, 14:17 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Rindu dengan makanan Manado tapi tak punya waktu panjang untuk melancong ke kotanya langsung? Mampirlah ke Boemi Mitoha. Di sana terdapat sebuah menu khas Manado yang begitu ternama, namanya Ikan Patin Buluh Sumpu.

Suguhan Ikan Patin Buluh Sumpu diambil dari bahasa Manado dimana buluh berarti bambu. Dengan begitu Ikan Patin Buluh Sumpu merupakan ikan yang disuguhkan secara unik dan istimewa dalam sebuah bambu panjang.

"Sebelum dimasukkan dalam bambu, ikan patin digoreng hingga kering lalu dimasak dengan kuah kuning," ujar Chef Boemi Mitoha, Ano Sutisna kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Boemi Mitoha, Jalan Ciliwung, Senin (23/5).

Bumbu lainnya yang dimasukkan bersamaan dengan ikan patin ke dalam bambu adalah daun singkong, irisan cabai rawit, santan, serta kunyit. Setelah ikan dan semua bumbu dimasukkan dalam bambu ditutup rapat, lalu dibakar.

"Dibakar sekitar 15 menit sampai aromanya benar-benar keluar. Dimasak dalam bambu selain memang beda dari biasanya juga mampu memberikan aroma khas kepada ikan patinnya," kata Ano.

Nah, bagaimana sudah tergoda? Yuks cicipi Ikan Patin Buluh Sumpu di Boemi Mitoha, Jalan Ciliwung Nomor 15. Seporsi ikan ini dibanderol dengan harga Rp 50 ribu saja. Murahkan? Sayang sekali kalau dilewatkan.

Kredit

Bagikan