Suguhan unik ikan gurame dalam kelapa

user
Mohammad Taufik 23 Mei 2016, 12:43 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pecinta ikan gurame wajib mencicipi menu unik dari Boemi Mitoha yakni Ikan Gurame Degan. Kehadiran menu unik tersebut semakin meramaikan khazanah kuliner Tanah Air yang terus berkembang.

Dari namanya saja sudah dapat ditebak jika ini merupakan suguhan ikan gurame dengan yang merupakan nama lain dari kelapa. Uniknya, kelapa tak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu, melainkan wadah penyuguhan ikan tersebut.

Ikan gurame dengan bobot 500 gram itu dimasak dengan bumbu hijau dari cabai hijau, tomat hijau, bawang putih dan bawang merah. Bumbu hijau itu ditumis hingga harum, lalu ditambahkan air, cabai rawit, daun dan kemangi.

"Guramenya dimasukkan dengan bumbu tadi, dimasak hingga meresap," ujar Chef Boemi Mitoha, Ano Sutisna kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Boemi Mitoha, Jalan Ciliwung, Senin(23/5).

Setelahnya ikan dimasukkan dalam kelapa yang sebelumnya sudah dibakar, kemudian kembali melakukan pembakaran kedua kalinya selama 15 menit hingga isian kelapa matang dan nikmat kala disantap.

"Biar daging kelapanya matang dan jadinya gurih ikut juga ke guramenya. Seporsi Ikan Gurame Degan ini kami banderol dengan harga Rp 70 ribu. Cocok untuk disantap ramai bersama keluarga karena porsinya cukup banyak," ujarnya.

Penasaran? Langsung saja datang ke Boemi Mitoha di Jalan Ciliwung Nomor 15. Cicip juga beragam suguhan khas nusantara lainnya yang dijamin menggoyang lidah. Selamat mencoba!

Kredit

Bagikan