1. BANDUNG
  2. KULINER

3 Tempat Buat Makan Nasi Liwet Yang Wajib Dicoba Saat Di Bandung

Menu yang ditawarkan terbilang lengkap. Mulai dari Pesmol Lauk Mas, Kere Jaer, Hayam Bakar, Asin Jabus, Asin Jambal Roti.

Nasi Liwet. ©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Kamis, 10 Januari 2019 11:02

Merdeka.com, Bandung - Datang ke Bandung tak menyantap nasi liwet, tentunya kurang afdol. Makanan khas Sunda ini sudah begitu tersohor akan kenikmatannya. Seporsi nasi putih yang dimasak dengan aneka bumbu serta seringkali dibubuhi ikan asin ataupun ikan teri, dan pete sebagai penambah aroma agar terasa lebih menggoda.

Bagi para pelancong, tak akan sulit menemukan makanan ini di Kota Kembang. Sederet tempat makan khas Sunda menjadikan menu ini sebagai andalan. Seperti yang ada di tiga tempat makan khas Sunda ini. Ketiganya memiliki suguhan nasi liwet yang begitu lezat dan tentu saja sayang untuk dilewatkan.

Nasi Bancakan

Rumah makan khas Sunda yang satu ini memang pamoritasnya tak perlu diragukan lagi. Lokasinya ada di Jalan Trunojoyo. Menu yang ditawarkan terbilang lengkap. Mulai dari Pesmol Lauk Mas, Kere Jaer, Hayam Bakar, Asin Jabus, Asin Jambal Roti, Beleum Peda, Pindang Tongkol, serta Cumi Oil.

Yang wajib dipesan di tempat ini tentu saja nasi liwetnya. Aroma yang begitu harum dengan citarasa nasi nan gurih ini sayang beli bila Anda lewatkan. Setangkup nasi liwet dengan aneka lauk, sambal, serta lalab akan melengkapi waktu makan Anda.

Dengan tempat yang terbilang sederehana berkonsep ala rumah makan khas Sunda biasanya, tempat ini selalu ramai pengunjung terutama pada jam makan siang. Terlebih saat bulan Ramadhan tiba, jelang waktu berbuka puasa Anda harus datang lebih awal soalnya dijamin bakal antre panjang. Saking penuhnya, tempat parkir saja disulap menjadi tempat duduk lesehan.

Kafe Ngopi Di Kebon

Menikmati makanan khas Sunda dengan nuansa tempat ala Eropa tentunya akan memberikan pengalaman berbeda bagi Anda. Saat berada di Kafe Ngopi Di Kebon, cobalah pesan menu nasi liwet yang menjadi andalannya. Namun, ada yang beda dengan nasi liwet di sini soalnya ditambahkan potongan asin jambal roti.

"Yang membuat beda itu karena ada potongan asin jambal rotinya. Itulah yang menjadi menu andalan kami," ujar Supervisor Kafe Ngopi Di Kebon, Rasim kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Kafe Ngopi Di Kebon, Jalan Cikasimukan, Mandalamekar, Rabu (9/1).

Kafe Ngopi di Kebon menawarkan paket nasi liwet untuk disantap sendiri dan berdua. Untuk paket nasi liwet berdua terdiri dari nasi liwet, ayam goreng atau ayam bakar, bakwan jagung, tahu, tempe, lalapan, sambal, karedok, kerupuk, serta segelas air teh. Harganya dibanderol hanya dengan Rp 120ribu saja.

Bandoengsche Melk Centrale

Meski dikenal sebagai tempat nongkrong dengan suguhan susu sebagai andalannya, cobalah memesan nasi liwet di sini. Porsinya terbilang besar, rasanya juga lezat. Nasi liwet disuguhkan dalam sebuah kastrol cukup besar, sebagai pelengkap ada beberapa lauk seperti ayam goreng serta tahu dan tempe.

BMC merupakan kedai susu yang sudah ada sejak 1928 silam. Bangunan khas Belanda masih begitu kokoh berdiri. Lokasinya ada di Jalan Aceh. Tempat ini buka mulai pukul 08.00 hingga 23.00 WIB.

(ES/AA)
  1. Kuliner
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA