1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

USB YPKP Lakukan Deklarasi Tangkal Hoaxs

Kampus merupakan tempat berkumpulnya orang-orang intelektual yang memiliki komitmen integritas serta cara berpikir nalar sangat kuat.

Deklarasi Tangkal Hoaxs. ©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Selasa, 15 Januari 2019 16:14

Merdeka.com, Bandung - Universitas Sangga Buana YPKP melakukan deklarasi tangkal hoaxs. Deklarasi dilakukan dalam acara ‘Deklarasi Kampus Anti Hoaks dan Seminar Metode Penelitian kerja sama dengan Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI)’ di Gedung Serba Guna USB YPKP di Jalan PHH Mustopa, Selasa (15/1).

Rektor USB YPKP, Asep Effendi mengatakan, adanya deklarasi tangkal hoaxs ini dilandasi keprihatinan atas besarnya informasi berdampak pada hal yang destruktif. Untuk itu pihak kampus berupaya untuk menjaga dan mengingatkan para mahasiswa serta tenaga pengajar agar tidak mudah percaya pada berita yang belum jelas fakta serta datanya.

"Gubernur Jawa Barat, Pak Ridwan Kamil juga meluncurkan anti hoaxs ini. Makanya yang penting adalah lembaga pendidikan punya netralitas tinggi yang harus dijaga dan lembaga pendidikan juga tentu menyadari saat ada informasi yang masuk itu harus dianalisis lebih tajam," ujar Asep kepada Merdeka Bandung saat ditemui di USB YPKP, Selasa (15/1).

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Uman Suherman mengatakan, kampus merupakan tempat berkumpulnya orang-orang intelektual yang memiliki komitmen integritas serta cara berpikir nalar sangat kuat.

Untuk itu, lanjutnya, jangan sampai kampus menjadi sebuah bahan atau bagian yang tidak bagus. Karena itu USB YPKP memberikan penegasan dengan menggelar deklarasi tangkal hoaxs ini.

"Kampus itu identik dengan hal yang objektif, sedangkan hoaxs jauh dari objektif. Dibangun oleh orang-orang yang tidak hanya objektif tapi punya kejujuran dan kesiapan untuk senantiasa dikritik. Ada sesuatu yang terjadi bukan untuk diumbar keluar masyarakat yang menjadi sebuah konsumtif masyarakat yang tidak jelas dasarnya tapi akan senantiasa dibicarakan dikampus sebagai sebuah fakta yang bisa dipertanggungjawabkan," papar dia.

Ia menjelaskan, sebenarnya tidak perlu menggelar kegiatan deklarasi anti hoaxs ini. Soalnya, sudah sepatutnya semua kampus di Tanah Air memang sudah harus anti hoaxs. Namun, ini menjadi penegasan yang dilakukan USB YPKP sebagai formalitas agar mahasiswa lebih sadar dan paham.

(ES/AA)
  1. Info Kampus
  2. Hoaxs
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA