1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Travelling Saat Pandemi, Jangan Lupakan Barang Wajib Ini Supaya Aman

Masker jadi barang wajib yang sangat penting dibawa kemanapun, terutama saat travelling.

Tempat Wisata Lembang. ©2021 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Kamis, 14 Oktober 2021 09:10

Merdeka.com, Bandung - Kalau dulu saat awal pandemi pariwisata tutup total, sekarang perlahan sektor ini mulai pulih. Seiring dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang sudah vaksin, tempat wisata kembali dibuka ke khalayak umum. Tentu saja, protokol kesehatan tetap harus dijalani agar Anda aman dan nyaman.

Bila Anda ingin berwisata saat Pandemi, bisa pesan dulu tiket pesawat di Traveloka. Kemudian, jangan lupa bawa beberapa barang wajib berikut ini supaya aman dan nyaman.

Masker

Masker jadi barang wajib yang sangat penting dibawa kemanapun, terutama saat travelling. Meskipun Anda sudah pakai masker saat ini, tetapi tetap saja perlu jaga-jaga kalau saja masker yang Anda pakai rusak. Apalagi, kebutuhan masker saat ini makin banyak mengingat diperlukan double masker agar paparan virus tidak mengenai Anda.

Utamakan untuk membawa masker medis dibandingkan kain. Letakkan masker di dalam tas khusus, tidak di dalam koper. Saat dibutuhkan, Anda tidak harus membongkar koper. Pastikan Anda tidak melepasnya meskipun travelling sendirian tanpa orang disekitar.

Tisu Basah

Bepergian jadi semakin aman bila Anda mau rutin cuci tangan. Namun, bagaimana bila Anda sedang ada di dalam mobil yang lagi melaju di atas tol? tentu Anda perlu menunggu beberapa lama hingga menemukan rest area. Namun, apakah Anda tahan membiarkan tangan kotor dalam waktu yang lama?

Supaya Anda bisa membersihkan tangan secara cepat, bawa Tisu basah saat berwisata. Benda kecil ini bisa jadi solusi ampuh kalau kejadian tak ada toilet menimpa Anda.

Sleeping Bag

Meski tidak sedang pergi camping, tetapi membawa sleeping bag wajib Anda lakukan saat pergi liburan. Ini dilakukan buat jaga-jaga andaikan Anda mengantuk di tengah perjalanan, padahal jarak hotel masih sangat jauh. Sleeping Bag bisa Anda taruh di bagasi mobil bila dirasa tidak muat dimasukkan ke dalam koper.

Peralatan Makan Pribadi

Guna mencegah potensi penyebaran virus COVID-19, ada baiknya Anda membawa peralatan makan pribadi. Hindari menggunakan peralatan makan secara bergantian. Beberapa jenis peralatan makan yang bisa Anda bawa adalah sendok, piring, garpu, pisau dan gelas.
Meskipun sudah banyak rumah makan yang berusaha mensterilkan meja, bangku serta dengan semprotan disinfektan, tetap saja Anda perlu berjaga-jaga. Bergantinya penggunaan peralatan makan secara massif di warung-warung perlu Anda perhatikan.

Kartu Kredit

Kartu kredit jadi salah satu alat pembayaran paling penting buat Anda yang doyan liburan, bahkan sebelum pandemi. Kalau Anda pandai memanfaatkannya, ada berbagai reward dan potongan harga yang sangat worth it. Pemakaian kartu kredit secara rutin dan bayar tepat waktu akan memberikan keuntungan berupa poin yang bisa ditukar voucher menginap gratis di hotel.
Nah, kegunaan kartu kredit ini semakin bertambah di masa pandemi. Bila nomor rekening kartu kredit Anda sudah terkoneksi dengan E-Commerce, bisa pesan barang impian tanpa perlu bayar cash atau datang ke ATM.

Kartu Kredit juga bisa menjadi alat pembayaran ketika Anda berlibur ke luar negeri. Ketimbang membawa uang cash yang bisa jadi tempat penularan virus, lebih baik Anda pakai opsi bayar cashless. Salah satunya bisa pakai kartu kredit.

Power Bank

Ada banyak jenis tempat wisata, namun tidak semuanya punya fasilitas charging. Kalau Anda pergi ke tempat wisata alam seperti gunung dan air terjun, akan jarang ditemui fasilitas pengisian daya baterai.

Nah, membawa Power Bank bisa jadi solusi yang ampuh untuk dilakukan. Minimal spesifikasi Power Bank yang bisa Anda bawa saat traveling adalah yang berkapasitas 10.000 mAH. Daya sebesar ini sangat cukup untuk jalan-jalan selama dua hari tanpa perlu cari colokan charger.

Pulpen

Keberadaan pulpen sering dianggap remeh oleh Traveller. Padahal, di situasi tertentu Anda perlu mengisi dokumen penting memakai alat kecil ini. Meski saat ini segala hal sudah terdigitalisasi, tetapi ada masanya ada beberapa jenis dokumen yang perlu diisi secara manual. Biar tidak hilang, pulpen tersebut bisa Anda ikat dengan tali ke bagian koper atau tas.

Tumblr

Air putih sangat penting Anda minum guna memberikan energi saat berpergian jauh. Kalau Anda jarang minum air putih, badan pun jadi drop. Potensi terserang virus semakin besar. Sayangnya, harga air putih di tempat wisata seringnya mahal. Bahkan, bisa 3 kali lipat harga air putih yang biasanya dijual di warung.
Sedikit tips, Anda bisa memanfaatkan Tumblr untuk refill air putih di warung. Bisa juga memanfaatkan fasilitas air putih gratis yang disediakan di tempat umum. Dengan begini Anda bisa hemat biaya, imun tubuh pun tetap terjaga.

Vitamin C

Berbagai macam jenis radikal bebas di jalanan bikin Anda jadi mudah lelah. Sediakan vitamin C supaya tubuh tetap bertenaga meskipun perjalanan jauh sekalipun. Saat ini, vitamin C sudah dijual secara bebas tanpa harus pergi ke rumah sakit atau apotek.

Hand Sanitizer

Jaga diri Anda tetap bersih dari penyebaran virus dengan menggunakan hand sanitizer. Bawa kemanapun Anda berada dan semprotkan sesaat setelah bersinggungan dengan fasilitas umum. Harga hand sanitizer pun tidak semahal dulu ketika awal virus corona masuk ke Indonesia.

Menyiapkan segala sesuatu sebelum berangkat travelling penting untuk Anda lakukan. Selain 10 barang wajib ini, jangan lupa beli juga tiket kereta bandara di Traveloka agar perjalanan Anda tidak terlambat dan bebas terjebak macet.

(ES/ES)
  1. Info Wisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA