1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Tertib Lalin, Pengendara di Kota Bandung Akan Diberi Voucher Rp 500 Ribu

Untuk pengendara sepeda motor akan diberi bingkisan.

©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 27 Desember 2018 12:42

Merdeka.com, Bandung - Dinas Perhubungan Kota Bandung meluncurkan program 'Disiplin Persimpangan Berhadiah', Rabu (26/12). Dishub yang telah bekerjasama dengan Auto 2000 Cibiru akan memberikan hadiah bagi pengendara yang tertib dalam berlalu lintas. Hadiah yang diberikan yakni voucher service kendaraan senilai Rp 500 ribu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi, mengatakan, program ini digagas untuk memberikan apresiasi kepada para pengendara yang menaati atura. Dengan cara seperti ini diharapkan dapat mendorong pengendara lain dapat disiplin berlalu lintas.

"Ini sosialisasi disiplin di persimpangan berhadiah. Kalau lewat medsos sudah disampaikan ingin gaungnya lebih besar, ingin banyak yang tahu supaya jadi triger disiplin. Auto2000 sudah menyiapkan (hadiah) selama setahun sampai 2019," ujar Didi kepada wartawan, di Taman Sejarah, Rabu (26/12).

Didi menyebut, sejumlah kriteria pengendara yang mendapatkan hadiah adalah pengendara yang tertib dan tidak melanggar aturan dalam berlalu lintas. Dia mencontohkan seperti tidak melanggar rambu, marka jalan, menggunakan sabuk pengaman. Dan menggunakan helm bagi pengendaran roda dua.

"Intinya tidak melanggar rambu. Nanti kalau ada yang disiplin di persimpangan,  tim ATCS memantau, dan menunjuk (pengendara yang tertib). Nanti langsung nyamperin di lapangan titiknya random tapi jadwal harinya sudah ditentukan," katanya.

Didi mengungkapkan, untuk pemberian voucher hanya diperuntukkan bagi pengendara kendaraan roda empat. Sementara untuk pengendara roda dua disiapkan bingkisan seperti kaos. Pihak Auto 2000 kata Didi sudah menyanggupi untuk memberikan hadiah selama setahun ke depan.

"Jadi seminggu itu ada 10 voucher (yang diberikan). Voucher servis baru roda empat cuma buat toyota doang sementara begitu," ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial berharap dengan adanya program ini dapat  mendorong masyarakat untuk semakin tertib dalam berlalu lintas. "Saya ingin yang lebih dikedepankan adalah rewardnya bukan punishmentnya. Jangan dikit-dikit punishment, dikit-dikit sanksi. Dengan reward ini mudah-mudahan saya kira bisa mendorong masyarakat Kota Bandung semakin disiplin," katanya.

Oded mendorong kepada Dishub untuk bisa melibatkan para pengusaha lainnya untuk berkolaborasi dalam program-program yang digagas Pemkot."Kalau sekarang sudah ada contoh dari Auto 2000 Cibiru diharapkan ke depan mampu mengajak para pengusaha lainnya untuk berkolaborasi dengan kebijakan kami," ungkapnya.

Dalam acara peluncuran tersebut, Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana beserta Kadishub Kota Bandung Didi Ruswandi langsung mengaplikasikan program tersebut di persimpangan Jalan Aceh-Jalan Merdeka.  Sejumlah pengendara kendaraan roda empat maupun roda dua diberikan hadiah sebagai apresiasi perilaku disiplin dalam berkendara.

(MH/DR)
  1. Lalu Lintas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA