1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

STP NHI Bandung Lantik 610 Wisudawan

"Lulusan yang bekerja di luar negeri sebanyak 12 persen dan sisanya 88 persen di dalam negeri".

STP NHI Bandung. ©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 16 September 2019 17:08

Merdeka.com, Bandung - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung melantik 610 wisudawan hari ini, Senin (16/9). Ratusan wisudawan yang dilantik berasal dari berbagai jenjang mulai dari Diploma III hingga Pascasarjana.

Mengangkat tema ‘Wonderful Human Resources 4.0’, peserta wisuda terdiri dari 28 orang lulusan Pascasarjana, 60 orang lulusan Strata 1, 191 orang Lulusan Diploma IV dan 331 orang lulusan Diploma III.

Ketua STP NHI Bandung, Faisal Kasim mengatakan, berdasarkan hasil Tracer Study tahun 2019 untuk Cohort 2018 sebanyak 23 persen telah memperoleh pekerjaan sebelum lulus dan sisanya sebanyak 77 tujuh memperoleh pekerjaan setelah lulus dengan masa tunggu pekerjaaan selama 3,3 bulan.

"Lulusan yang bekerja di luar negeri sebanyak 12 persen dan sisanya 88 persen di dalam negeri dengan sebaran di industri pariwisata sebesar 81 persen dan non pariwisata 19 persen,” ujar Faisal kepada Merdeka Bandung, Senin (16/9).

Pada tahun 2019 STP NHI Bandung telah melahirkan 92 orang yang tergabung dalam Batch IV atau 13,2 persen dari total mahasiswa T.A. 2018 hingga2019 yang mengikuti Program Inkubasi Wirausaha.

Dalam rangka mendukung program Kementrian Pariwisata yakni mengembangkan entrepreneur di bidang pariwisata, STP NHI Bandung turut berkontribusi dengan menciptakan UPA (Unit Practice Assessment) Enhaii Corner 186 bagi mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan dan telah mengikuti inkubasi di Enhaiipreneur Center.

Program pembentukan UPA merupakan salah satu usaha yang di lakukan STP NHI Bandung didalam mencapai target 10 persen dari lulusan setiap tahunnya, dan pada kesempatan kali ini Menteri Pariwisata RI meresmikan Grand Launching Enhaii Corner 186.

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengatakan, Enhaii Corner 186 ini merupakan wadah untuk para mahasiswa STP NHI Bandung untuk melakukan praktek kewirausahaan.

"Untuk tema wisuda sendiri adalah t Wonderful Human Resources 4.0’. Apa itu? tourism 4.0 itu adalah digital dan milenial. Nah sedangkan untuk peresmian Enhaii Corner 186 ini bagus karena ini wadah untuk prakteknya anak-anak untuk kewirausahaan," jelas Arief.

Kata dia, harapannya dengan ada Enhaii Corner 186 ini dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa yang ingin berwirausaha khususnya di bidang pariwisata. Pengalaman praktek berbisnis secara nyata akan menjadi pengalaman serta pembelajaran yang sangat berarti bagi mahasiswa.

Kehadiran Enhaii Corner 186 di STP NHI Bandung sebagai UPA, merupakan suatu terobosan baru yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain. Sebagai institusi tertua, terdepan dan terbaik, maka dituntut untuk terus melakukan inovasi dan terobosan dalam penguatan institusi STP NHI Bandung.

 

 

(ES/AA)
  1. Info Kampus
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA