1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Rumah Zakat Salurkan Bantuan Pakan Satwa ke Kebun Binatang Bandung

"Pandemi tidak hanya berdampak pada manusia, namun juga kehidupan satwa di lingkungan konservasi seperti kebun binatang".

Kebun Binatang Bandung. ©2020 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Selasa, 10 November 2020 16:32

Merdeka.com, Bandung - Memperingati hari Pahlawan, Rumah Zakat menyalurkan pakan satwa ke Kebun Binatang Bandung. Bantuan ini merupakan donasi dari para #PahlawanKebahagiaan. Dengan begitu, sepanjang tahun ini Rumah Zakat telah menyalurkan bantuan pakan satwa ke 13 kebun binatang di 9 provinsi.

Diantaranya di Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Timur, Lampung, Nusa Tenggaea Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Riau, dan DKI Jakarta.

"Pandemi tidak hanya berdampak pada manusia, namun juga kehidupan satwa di lingkungan konservasi seperti kebun binatang. Pembatasan sosial berkala membuat kebun binatang terpaksa tutup beberapa saat dan tidak menerima kunjungan. Hal ini menyebabkan pendapatan yang diperoleh dari retribusi pengunjung pun turut berkurang drastis," ujar Chief Program Officer Murni Alit Baginda, Selasa (10/11) dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Sejak Juni 2020, Rumah Zakat menggalang dana untuk menyediakan pangan bagi satwa yang ada di kebun binatang berbagai daerah di Indonesia.

"Alhamdulillah respon masyarakat Indonesia baik itu individu, komunitas, maupun korporat untuk program pangan satwa ini sangat baik. Sehingga kita berhasil mengumpulkan dana untuk membeli makanan bagi satwa," tutur Murni.

Sementara itu, di bulan November ini Rumah Zakat meluncurkan gerakan #PahlawanKebahagiaan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang tetap berbagi meski perekonomiannya terdampak pandemi. Diharapkan dari gerakan ini, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang terinspirasi untuk berbagi kepada sesama makhluk baik itu manusia maupun satwa.

"Meski negara kita tengah mengalami resesi ekonomi, namun kesadaran masyarakat Indonesia dalam berbagi tetap tinggi. Hal itu dapat terlihat dalam jumlah donatur yang terus mengalami peningkatan dalam beragam program kemanusiaan yang dibuat untuk membantu masyarakat terdampak pandemi," kata Murni.

 

(ES/AA)
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA