1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Ridwan Kamil minta Wali Kota Bandung segera lantik Benny Bachtiar jadi Sekda

"Saya kan adalah perwakilan pemerintah pusat di Jabar dapat surat dari dirjen otda memerintahkan Wali Kota Bandung untuk segera melantik Sekda".

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Jum'at, 05 Oktober 2018 10:14

Merdeka.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial untuk segera melantik Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung. Benny menjadi nama yang direkomendasikan oleh Ridwan Kamil saat masih menjadi wali kota kepada Kementerian Dalam Negeri untuk menjadi Sekda Kota Bandung.

Pria yang akrab diaapa Emil ini menyebut pihak Kemendagri sudah mengirimkan surat terkait Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung.

"Surat dari Mendagri sudah turun. Jadi secepatnya Wali Kota Bandung untuk mengikuti rekomendasi dari kementerian dalam negeri (melantik sekda)," ujar Emil kepada wartawan di Trans Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis (4/10).

Menurut Emil, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat diminta untuk segera menyampaikan isi surat yang isinya meminta Wali Kota Bandung untuk mengikuti rekomendasi Kemendagri.

"Saya kan adalah perwakilan pemerintah pusat di Jabar dapat surat dari dirjen otda memerintahkan Wali Kota Bandung untuk segera melantik Sekda dan pejabat eselon 2 lainnya hasil seleksi terbuka," katanya.

Emil pun meminta Oded untuk segera melantik sekda dan pejabat eselon dua hasil seleksi terbuka maksimal 7 hari setelah surat tersebut dikirim dari Kemendagri ke Pemprov Jabar. Surat tersebut diterima hari Rabu kemarin.

"Batas waktu (pelantikan) 7 hari dari surat yang dikirimkan," ungkapnya.

Lantaran sekda definitif belum dilantik, saat ini Asisten Administrasi Umum dan Kepegawaian Kota Bandung, Evi S. Shaleha kembali menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung. Hal itu menyusul berakhirnya masa tugas Penjabat (Pj) Sekda yakni Dadang Supriatna pada 2 Oktober 2018 kemarin.

Berdasarkan SK Wali Kota tentang penunjukan Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung, mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) itu akan bertugas selama 15 hari ke depan. Tepatnya hingga tanggal 17 Oktober 2018. Sesuai dengan ketentuan, Evi diangkat menjadi Plh tanpa harus dilantik melainkan cukup diberikan SK Walikota.

Pengangkatan Plh ini bagian dari upaya memastikan tidak ada kekosongan jabatan Sekda hingga dilantiknya Sekda definitif.

Pemilihan sekda kota bandung sempat menjadi polemik. Sebelumnya, berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli Bandung menemui Oded di Balai Kota Bandung, Kamis (13/9). Mereka meminta Oded untuk merespons aspirasi penolakan Benny Bachtiar sebagai sekretaris daerah Kota Bandung terpilih. Pemilihan Benny sebagai Sekda Kota Bandung diduga sarat akan unsur nepotisme.

Informasi terkait nilai akhir bobot yang muncul dari tim pansel sekda menunjukkan kandidat Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung Ema Sumarna di peringkat pertama dengan nilai 81.654, disusul Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung Mohamad Salman Fauzi meraih nilai 80.764, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Cimahi Benny Bachtiar dengan perolehan nilai 80.383.

(ES/DR)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA