Bebersih Citarum, Ridwan Kamil kerahkan 1500 pasukan gorong-gorong

user
Farah Fuadona 31 Agustus 2016, 16:12 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan akan mengerahkan 1500 pasukan gorong-gorong untuk membersihkan Sungai Citarum dalam kegiatan Gerakan  Bebersih Citarum. Rencananya ada 12 ribu orang yang akan terlibat dalam kegiatan budaya gotong royong ini yang melibatkan OPD pemerintah provinsi/kota/kabupaten/aparat desa/aparat pemerintahan kecamatan dan TNI.

"Di 30 kecamatan tiap hari ada pasukan gorong-gorong yang tugasnya menjaga kebersihan. Tadi saya laporkan ke pak gubernur, ke BPLH Jabar. Jadi tiap kelurahan ada 10 petugas dari jumlah 151 kelurahan di Bandung itu akan kita kerahkan. Saya lihat di laporan camat juga suka turun jadi kita akan terus," ujar Ridwan kepada wartawan di Graha Tirta Siliwangi, Jalan Lombok, Rabu (31/8).

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, dengan adanya pasukan gorong-gorong ini diharapkan dapat membersihkan sungai-sungai di Kota Bandung. "Target saya tahun ini sungai-sungai di Bandung jauh lebih bersih dan jernih Insya Allah," katanya.

Selain mengerahkan pasukan kebersihan, menurut Emil satu hal yang tak kalah penting yakni upaya edukasi. Pihaknya terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

"Jadi PR keduanya mengedukasi masyatakat. Kalau infrastruktur, pasukan kota bandung ini sudah sangat banyak," katanya.

Untuk diketahui, Pemprov Jabar menggagas Gerakan Citarum Bestari (Bersih, Sehat, Indah, Lestari). Gerakan ini merupakan upaya budaya gotong royong memelihara lingkungan melalui bebersih Citarum. Dalam kegiatan ini akan melibatkan sekitar 12 ribu orang yang berasal dari seluruh stakeholder dalam upaya mewujudkan Gerakan Bebersih Citarum.

Kredit

Bagikan