Perkenalkan keunikan Aquascape Pemkot Bandung gelar lomba

user
Farah Fuadona 16 April 2016, 16:47 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Keunikan membuat ekosistem air atau dalam sebuah akuarium atau aquascape belum cukup familiar di masyarakat Kota Bandung. Padahal budidaya biota laut skala kecil ini bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung mencoba untuk memperkenalkan aquascape kepada masyarakat Bandung. Dalam balutan acara Fish Festival 2016 Distan KP mengadakan lomba desain aquascape yang diikuti puluhan peserta.

Kepala Dinas Distan KP, Elly Wasliah mengatakan Fish Festival merupakan agenda rutin setiap tahun. Tujuannya memberikan pemahaman kepada masyarakat tengang ekosistem air.

"Tujuannya menyosialisasikan masyarakat Kota Bandung tentang edukasi biota laut yang kita bisa bikin dalam aquarium. Ini Masih belum familiar," kata Elly kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Pasteur Hyper Point, Jalan Dr. Djundjunan, Kota Bandung, Sabtu (16/4).

Menurutnya, aquascape memiliki keunikan tersendiri. Menciptakan ekosistem dari tumbuhan hidup dengan ikan-ikan kecil dalam sebuah kotak kaca. Hasilnya bisa menjadi sangat indah sebagai hiasan di rumah.

Acara ini juga ditujukan untuk meningkatkan silaturahmi pecinta aquascape dari berbagai kota. Tercatat 30 perserta datang dari Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Bekasi dan Tangerang.

Dalam perlombaannya, kata dia, peserta diberikan waktu dua jam untuk menata komposisi aquascape dengan peralatan yang telah dibawa. Hasilnya akan dinilai para juri yang berkompeten di bidang aquascape.

Selain itu, hasil desain peserta nantinya akan dilelang kepada para pengunjung yang berminat. Hal ini dinilai sebagai bagian memasarkan produk-produk aquascape.

"Begitu ketahuan juara nanti kita lelang. Harganya pasti lumayan dibandingkan yang lain karena desainnya paling bagus," katanya.

Distan KP menyiapkan hadiah untuk juara berupa peralatan membuat aquascape. Untuk juara I mendapatkan perlatan senilai Rp 1,5 juta, juara II Rp 1 juta, serta juara III Rp 500 ribu.

Menurut Elly, kompetisi ini tidak hanya dinilai dari nominal hadiahnya. Melainkan sebagai ajang memperkenalkan aquascape kepada masyarakat luas.

"Acara ini tidak dilihat dari nilai. Tapi pecinta Aquascape bisa menghilangkan kejenuhan dengan berkunjung di festival ini. Serta memperkenalkan kepada masyarakat luas," ungkapnya.

Elly menyebutkan, untuk warga Kota Bandung tren Aquascape sudah ada sejak empat tahun lalu. Namun masih belum banyak peminatnya. Oleh karenanya diharapkan lewat acara ini masyarakat dapat mengenal cara baru membuat ekosistem air yang unik.








Kredit

Bagikan