Malam mingguan di Bandung akan 'ditemani' Hanoman, datang yuk!

user
Mohammad Taufik 16 April 2016, 10:19 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi Anda yang gemar cerita wayang, ada acara menarik di Gedung Kesenian Rumentang Siang, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Jawa Barat. Acara itu adalah Pergelaran Wayang Kulit Lakon 'Hanoman Duta'.

Wayang kulit yang disajikan Ki Dalang Dian Pradita Kusuma dari LS. Satria Langen Budaya Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu, (16/4) pukul 19.30 WIB.

"Acara ini gratis untuk masyarakat," kata Kepala Seksi Pemanfaatan Taman Budaya Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat, Yadi Hayadi, kepada Merdeka Bandung, Sabtu (16/4).

Lakon 'Hanoman Duta' mengisahkan kesetiaan Hanoman yang gigih membela kejujuran melawan kemurkaan raja jahat prabu Rahwana dari Kerajaan Alengka Dirja.

Dikisahkan, Hanoman mengemban perintah prabu Sri Ramawijaya menuju Negara Alengka Dirja. Tugasnya untuk menyelidiki keberadaan istri prabu Sri Rama, Sinta, yang diculik Prabu Rahwana.

Hanoman diperintahkan memakaikan cincin Sasra Widura kepada Dewi Sinta. Selain itu Prabu Rama juga meminta Hanoman membawa sepah kinang/ampas siri Dewi Sinta sebagai bukti bahwa ia telah bertemu sang dewi.

Di dalam misi itu, Hanoman menghadapi banyak rintangan, diantarnya muncul dari saudaranya sendiri yaitu putra dari Resi Subali bernama Raden Jaya Anggada. Raden Jaya iri karena Hanoman dipercaya Sri Rama.

Berhasilkah Hanoman mengemban misi itu? Kita datang saja ke Gedung Kesenian yang letaknya bersebelahan dengan Pasar Kosambi, Jalan A Yani, Bandung.

Kredit

Bagikan