Pemkot Bandung gelontorkan Rp 43 Miliar revitalisasi taman tahun ini

user
Farah Fuadona 12 April 2016, 19:28 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pemakaman dan Pertamanan  (Diskatam) akan merevitalisasi sejumlah taman di Kota Bandung. Untuk revitalisasi taman skala besar, Pemkot Bandung menggelontorkan dana Rp 43 miliar pada tahun ini.

Kepala Bidang Pertamanan Diskamtam Kota Bandung Dadang Darmawan menuturkan  sejumlah taman yang akan direvitalisasi diantaranya Taman Tegalega, Hutan Kota Babakan Siliwangi  Taman Jalan Maluku ,Taman Jalan Seram serta Taman Inklusi.

Untuk Taman Tegalega, dari total luas lahan 17 hektare, setengahnya akan direvitalisasi. Konsep revitalisasi yakni dengan mengganti material lantai di Lapangan upacara dengan granit. Selain itu juga akan dibangun amphiteater dan museum mini.

"Untuk area lapangan upacara akan ditingkatkan dengan material granit. Kemudian juga akan dibuat amphiteter dan bangun museum mini. Selain itu juga di sekitar area tugu akan dibangun kolam kecil untuk dipakai bermain anak," ujar Dadang kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa(12/4).

Saat ini kata Dadang progres pembangunan Taman Tegalega sedang dalam tahap penyelesaian DED ( Detail Engineering Design). Anggaran untuk revitalisasi taman Tegalega ini yakni sebesar Rp 19 miliar.

"Rencananya akan mulai awal bulan Mei dan ditargetkan selesai pada bulan November selesai," katanya.

Selain itu lanjut Dadang, Taman skala besar selanjutnya yang akan dibangun yakni Taman Hutan Kota Siliwangi.  Adapun  untuk konsepnya akan seperti Teras Cikapundung.

"Konsepnya kaya Teras Cikapundung. Kita akan merevitalisasi rumah seni dan membuat jembatan yang mengelilingi jembtan siliwangi. Anggarannya Rp 15 miliar," ucap Dadang.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, taman selanjutnya yang akan direvitalisasi yakni Taman Jalan Maluku ,Taman Jalan Seram serta Taman Inklusi. Taman yang berada di satu kawasan ini akan ditata menjadi lebih indah dan menarik.

"Untuk Taman Jalan seram konsepnya seperti Teras Cikapayang, ada sungai yang memotong tengah dan membuka pagarnya agar bisa diakses pengunjung. Untuk Taman Maluku akan kita pervaiki perbaiki dengan konsep semua pagar dibuka. Untuk Taman Inklusi kami akan melanjutkan pembangunan yang sudah ada," paparnya.

Adapun untuk anggaran ketiga taman ini masing masing berbeda.  Untuk Taman Jalan Seram sebesar Rp 2 miliar, Taman Jalan Maluku Rp 2 miliar dan Taman Inklusi sebesar Rp 800 juta.

Dadang menambahkan Taman lainnya yang aka direnovasi yakni Taman Gasibu Mini(Gasmin). Anggaran untuk revitalisasi Gasmin yakni sebesar Rp 4 miliar.

Kredit

Bagikan