Ini lima proyek keren di Kota Bandung yang akan dibangun tahun ini

user
Mohammad Taufik 02 Maret 2016, 14:00 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - 1. Inovation Center

Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan PGN akan menghadirkan Bandung Inovation Center di Jalan Serang. Bandung Inovation Center merupakan sebuah tempat dimana inovasi dan karya anak Bandung bisa dihadirkan dengan menggunakan teknologi canggih seperti 3D printer, laser cuting, wood working machine, instrumen robot.

Di tempat ini juga akan ada coworking space yang akan menjadi kantor bagi orang-orang kreatif di Kota Bandung. Untuk penyediaan alat-alat canggih tersebut, Pemkot Bandung menyediakan anggaran Rp 7 miliar.

2. Pasar Seni Permanen

Sebuah tempat khusus yang menjual produk-produk seni karya seniman asal Kota Bandung akan dibangun pada tahun ini. Bangunan ini akan berdiri di atas tanah seluas satu hektar yang berada di kawasan Jalan Jakarta. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan bangunan ini akan menjadi tempat untuk memasarkan produk-produk karya seni di Kota Bandung.

Ada beragam produk seni/kerajinan yang akan dipasarkan, baik karya seni tradisional maupun modern. Beragam fasilitas yang akan dibangun di lokasi tersebut, mulai dari ruang pameran, kantin, cafe. Dengan adanya bangunan ini dapat menciptakan menciptakan ekonomi kreatif berbasis pasar di Kota Bandung.

Sehingga seniman di Kota Bandung tidak mengalami kesulitan saat menjual karyanya. Pembangunan rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat. Pembangunan ditargetkan selesai dalam waktu enam bulan. Untuk biaya pembangunan sebesar Rp 10 miliar dari APBD.

3. Bandung Cihampelas Skywalk

Proyek Bandung Cihamprlas Skywalk dibangun untuk mengatasi kepadatan yang terjadi di kawasan Cihampelas. Seperti diketahui, kawasan ini selalu dipadati oleh kendaraan dan lalu lalang para pejalan kaki di kawasan tersebut. Salah satu solusi yang digagas oleh Pemkot Bandung yakni dengan membangun skywalk. Untuk jalur pejalan kaki disediakan di atas skywalk yang terpisah dari mobil dan parkir. Sehingga jalur untuk pejalan kaki berada di atas jalur kendaraan (double deck).

Rencananya skywalk akan dibangun sepanjang 500 meter dengan titik point berada di Cihampelas Walk. Selain itu Para PKL Cihampelas akan ditata naik ke atas. Pembangunan skywalk ini disebut-sebut akan menjadi yang pertama di Indonesia yang berada di atas jalan. Proyek ini menelan dana Rp 60 -65 miliar.

4. Bandung Creative Center

Kota Bandung menjadi salah satu kota yang masuk ke dalam jaringan kota kreatif UNESCO Creative Cities Network untuk kategori desain. Pemerintah Kota Bandung akan membangun pusat kreatif (creative centre) pada tahun ini. Bangunan ini bernama Bandung Creative Center. Bangunan ini akan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang kreatif di Bandung.

Ada beragam fasilitas yan akan dibangun di sini, mulai dari design library, studio keramik, studio fashion, bioskop. Wali Kota Bandung menyebut bangunan ini sebagai the best of Bandung. Bangunan ini diklaim sebagai creative center pertama di Indonesia dan kedua di ASEAN. Bandung Creative Center rencananya akan dibangun di Jalan Laswi. Bangunan ini dibangun dengan dana Rp 40 miliar dari APBD.

5. Gedung Kesenian Jawa Barat

Gedung kesenian Jawa Barat yang disebut-sebut memiliki taraf internasional rencananya akan dibangun di Cikutra, Kota Bandung. Gedung kesenian ini ditargetkan akan mulai dibangun pada tahun ini. Tak tanggung-tanggung, desain bangunan ditangani langsung oleh arsitek kelas dunia asal Inggris Zaha Hadid.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil turut dilibatkan dalam proyek pembangunan yamg diinisiasi oleh Pemprov Jabar ini. Gedung kesenian ini akan berdiri di atas tanah seluas empat hektare di kawasan Cikutra. Gedung kesenian rencananya akan dibuat seperti kompleks. Ada gedung skala besar dan kecil. Ada yang bisa menampung ratusan orang hingga ribuan orang dengan target kapasitas 1200 orang.

Di kawasan gedung kesenian tersebut juga rencananya akan dibangun museum musik dan ruang-ruang untuk karya seni ekperimental. Di atas tanah empat hektare tersebut juga akan dibangun kawasan komersial. Namun belum dapat dipastikan terkait bentuk kawasan komersial yang akan dibangun.

Kredit

Bagikan