Kerjasama dengan Facebook, Pemkot Bandung promosikan 300 produk lokal

user
Farah Fuadona 11 Januari 2016, 10:38 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung telah resmi menjalin kerjasama dengan Facebook untuk mempromosikan produk-produk Bandung. Melalui sebuah platform bisnis yang diberi nama Bandung Juara Store, 300 produk Bandung akan dipromosikan melalui sebuah laman khusus.

Dinas UKM Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bandung menyebut saat ini sudah ada 200 produk UMKM yang telah terdata.

"Ada 200 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sudah didata untuk di promosikan dalam platform bisnis Facebook," kata Kepala Bidang UMKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung Kurnadi, Minggu (10/1).

Dia menuturkan, produk Bandung yang ditampilkan dalam platform Bandung Juara Store merupakan produk yang telah telah lolos seleksi. Adapun seleksi yang dilakukan, berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan seperti orisinalitas produk, kesiapan daya saing produk dan sistem pembayaran.

"Daya saing yang tinggi dalam sistem perdagangan sistem online, membuat pedagang perlu melahirkan karya-karya yang unik untuk dipasarkan," kata dia.

Selain itu lanjut Kurnadi, salah satu aspek yang juga dinilai yakni dari nilai pendapatan usaha. Untuk skala usaha kecil dan menengah itu kisaran pendapatannya sekitar Rp 300 juta.

Dia mengungkapkan, produk-produk yang telah lolos seleksi sebagian besar merupakan produk unggulan dari Kota Bandung seperti kuliner, fashion dan handycraft.

"Untuk fashion Bandung memang dikenal memiliki desain yang segar, paduan warna dan jenis kain yang berbeda. Untuk kuliner tentunya kita pilih yang inovatif, packaging-nya, semuanya. Dan untuk handycraft juga banyak (pilihan)," ungkapnya.

Dia menambahkan akan kembali mendata produk-produk Bandung yang telah siap untuk diiikutsertakan dalam platform Bandung Juara Store. Untuk tahap awal sebanyak 300 produk dirinya yakin dapat memenuhi jumlah tersebut.

Kredit

Bagikan