Dear Traveler, Malaysia Sudah Bisa Dikunjungi Mulai 1 April Lho!

user
Endang Saputra 23 Maret 2022, 14:35 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kabar baik datang untuk para traveler yang sudah tak sabar segera melancong ke negara tetangga, mulai 1 April 2022 Malaysia sudah bisa dikunjungi. Aturan kedatangan terkait Covid-19 bagi wisatawan asing kini sudah mulai longgar.

Deputy Director Tourism Malaysia Jakarta, Haryanty Abu Bakar mengatakan, mulai 1 April 2022 Malaysia membuka kembali perbatasannya setelah hampir dua tahun ditutup. Malaysia kini sedang bertransisi ke fase endemik. Selain membuka perbatasan, pemerintah Malaysia juga akan mengizinkan turis asing yang masuk ke Malaysia tanpa harus menjalani karantina mandiri.

"Kalau sekarang pintu masuk ke Malaysia yang dibuka hanya melalui Langkawi. Tapi, nanti saat 1 April semua pintu masuk ke Malaysia dibuka untuk wisatawan asing," kata Haryanty saat jumpa wartawan di acara 'Tourism Malaysia Virtual Travel Mart Roadshow' di Grand Hotel Preanger, Rabu (23/3).

Terkait kelonggaran aturan itu disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, Selasa (8/3/2022). Dia mengatakan, mulai bulan depan Malaysia akan bertransisi ke endemik Covid-19. Wisatawan yang divaksinasi lengkap dapat menikmati perjalanan bebas karantina dan hanya diharuskan mengikuti tes RT-PCR COVID-19 dua hari sebelum keberangkatan dan membuat tes RTK-Ag dalam waktu 24 jam setelah tiba di Malaysia.

Dengan adanya berita gembira pembukaan kembali perbatasan internasional yang akan datang, Tourism Malaysia Jakarta kembali mengadakan acara ‘Tourism Malaysia Virtual Travel Mart Roadshow’, setelah sebelumnya acara yang sama diadakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Batam. Tourism Malaysia akan kembali melanjutkan rangkaian acara yang sama di Bandung pada 23 Maret 2022.

Acara yang diresmikan secara virtual oleh Director General Tourism Malaysia, Dato’ Haji Zainuddin Abdul Wahab di Grand Preanger Hotel Bandung ini mempertemukan 30 sellers dari Malaysia dengan 30 travel agent dari Bandung dan sekitarnya secara hybrid.

"Melalui platform online yang kami sediakan, seramai tiga puluh Malaysian seller yang terdiri dari 25 travel agent dan 6 hotel dan resort. Turut hadir juga product owner seperti Legoland dan airlines kebanggaan Malaysia, Malaysia Airlines akan membuat business matching dengan 30 buyers (travel agent Bandung). Buyer yang hadir di venue, tidak perlu berpindah tempat duduk mencari sellers seperti travel mart pada umumnya karena mereka akan bertemu dengan sellers Malaysia melalui layer laptop masing-masing," papar dia.

"Virtual Travel Mart Roadshow ini diadakan sebagai langkah persiapan Malaysia untuk membuka kembali border bagi tujuan pariwisata, terutamanya wisatawan dari Indonesia sebagaimana Kementerian Pelancongan, Seni dan Budaya Malaysia (MOTAC) telah mentarget kedatangan 2 juta wisatawan mancanegara ke Malaysia tahun ini, dan revenue sebesar RM6.8 miliar," sambungnya.

Acara Tourism Malaysia Virtual Travel Mart Roadshow 2021 di Bandung ini dapat terlaksana karena mendapat dukungan penuh dari DPD ASITA Jawa Barat.

 

Credits

Bagikan