Belasan Universitas Ikut Ramaikan Study in UK Virtual Expo

user
Endang Saputra 14 Maret 2022, 17:40 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebanyak belasan universitas mengikuti kegiatan Study in UK Virtual Expo yang digelar oleh IBEC (Indonesia Britain Education Centre). Kegiatan tersebut telah sukses digelar selama dua hari pada 11-12 Maret 2022 kemarin.

Beberapa universitas yang turut ramaikan kegiatan ini adalah University of Exeter, University of Newcastle, University of Edinburgh, University of Glasgow, University of Birmingham, dan University of Manchester.

Senior Counselor IBEC, S. Hendra mengatakan, Pameran IBEC-Study in UK yang sudah berjalan sejak 1998 dan selalu menghadirkan delegasi universitas langsung dari Inggris.

“Pameran yang kami adakan kali ini masih kami adakan secara virtual dan kami akan mengadakan pameran offline nantinya apabila kondisi Covid-19 sudah jauh membaik,” jelas Hendra dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Hendra mengungkapkan jika selaku perwakilan resmi dari universitas-universitas top di Inggris, pihaknya menyelenggarakan pameran dengan tujuan untuk memberikan informasi secara menyeluruh dan terbaru dari pihak universitas bagi masyarakat di Indonesia.

“Semua informasi mulai dari seminar dan workshop benar-benar disajikan langsung oleh para delegasi. Tujuannya untuk memperkaya dan mencerahkan setiap calon mahasiswa atau mahasiswi dan tentunya para orang tua mengenai pendidikan di Inggris. Informasinya juga tidak terbatas hanya mengenai persyaratan masuk kuliah saja, akan tetapi juga mengenai potongan uang sekolah atau beasiswa yang disediakan oleh mereka,” terangnya.

Hendra menambahkan jika di setiap pameran yang IBEC lakukan, biasanya ada banyak mahasiswa yang menggunakan kesempatan tersebut untuk mendaftar dan diterima oleh universitas di Inggris.

“Dengan kesempatan yang kami berikan untuk berbincang-bincang langsung dengan para delegasi pada saat pameran, setiap calon mahasiswa dan orang tua bisa menjadi lebih yakin dan paham mengapa Inggris menjadi salah satu destinasi pendidikan yang dipilih oleh banyak masyarakat dari dunia,” bebernya.

Sementara itu, pada gelaran Study in UK Virtual Expo juga menghadirkan program Chevening Scholarship yang merupakan sebuah program beasiswa dari pemerintah Inggris untuk masyarakat Indonesia. Dimana mereka membiayai secara penuh untuk program S2 atau Master di UK.

Scholarships & Alumni Coordinator British Embassy Jakarta, Rowena Rompas membagikan informasi seputar Chevening Scholarships. Dia menjelaskan jika beasiswa Chevening tersedia untuk program Master Degree 1 tahun di semua subject yang ada di UK.

Lalu, bagaimana jika kita ingin menjadi penerima beasiswa Chevening? Rowena mengatakan jika kandidat harus memiliki passion yang kuat.

“Beasiswa Chevening dicari orang yang punya passion dan semangat melakukan perubahan. Mereka yang punya kreativitas, mereka yang ingin menjadi future leader, influencer, dan decision maker,” katanya.

Credits

Bagikan