Pengalaman Mahasiswa asal Unpad Ikuti Program LISS

user
Endang Saputra 10 Maret 2022, 17:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Mahasiswa asal Universitas Padjajaran Bandung (UNPAD), Denise Adiwanto berbagi cerita mengenai pengalamannya mengikuti program Leeds International Summer School (LISS).

“Belajar di luar negeri di Leeds benar-benar merupakan pengalaman sekali seumur hidup. Saya mendapat banyak teman baru yang datang dari seluruh dunia. Leeds adalah tempat yang sempurna untuk belajar dan mengunjungi dengan banyak museum, galeri, dan tempat makan untuk dijelajahi,” kata Denise dati berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Kata Denise, modul-modul yang dipelajari pun sangat menarik. Bahkan, para lecturenya pun sangat membantunya, sehingga ia jadi semangat.

“Saya belajar Electronic Music dan juga Entrepreneurship and Society. Kalau salah satu kunjungan lapangan atau field trio favorit saya adalah saat mengunjungi Valley Wood Music Studio di Leeds Utara. Kami bertemu dengan seorang produser musik yang juga seorang musisi dan dia berbagi pengalamannya dalam merekam musik. Saya juga mendapat kesempatan untuk melakukan rekaman pendek menggunakan grand piano klasik Welmar,” jelasnya.

Mengikuti program sekolah musim panas, tentunya Denise kerap memiliki waktu luang. Dia biasanya akan pergi keluar untuk menjelajahi kafe dan pub lokal dengan teman-temannya.

“Atau saya pergi mengunjungi kota-kota di luar Leeds. Sekolah Musim Panas Internasional Leeds menawarkan kami banyak hal menyenangkan termasuk acara sosial dan tamasya. Perjalanan favorit saya adalah ke York. York adalah kota yang indah yang memiliki warisan budaya Inggris yang kaya dan begitu banyak bangunan bersejarah,” kata dia.

Menempuh pendidikan sementara di luar negeri membuat Denise belajar banyak hal. Mulai dari harus hidup mandiri, time management, dan bagaimana bekerja secara efektif dalam tim multikultural.

“Belajar di luar negeri memberi saya perspektif baru tentang kehidupan dan budaya lain di sekitar saya. Melamar LISS adalah salah satu keputusan terbaik yang saya buat. Bagi siapa saja yang ingin memiliki musim panas yang luar biasa, saya sangat merekomendasikan LISS! Cuaca Inggris sangat tidak terduga, jadi pastikan untuk membawa payung dan jaket tahan air ke mana pun kamu pergi!,” pesannya.

Sementara itu, University of Leeds merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi terbesar di Inggris yang berdiri sejak tahun 1904 silam. Kampus ini sudah terkenal secara global, khususnya dari segi kualitas pengajaran dan bidang penelitiannya. University of Leeds juga termasuk salah satu anggota dari universitas-universitas intensif penelitian Russel Group.

Setiap tahunnya, universitas bergengsi ini memiliki lebih dari 38.000 siswa. Sebanyak 12.000 diantaranya merupakan siswa internasional, yang berasal lebih dari 130 negara.

Buat yang ingin tahu, letak kampusnya sendiri hanya berjarak 10 menit dengan berjalan kaki dari pusat kota Leeds. Ada banyak kegiatan dan hal yang bisa dilakukan di kampus.

Ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati di kampus ini, salah satunya The Edge,fasilitas kebugaran, olahraga, dan kesejahteraan yang canggih, yang didalamnya mencakup kolam renang delapan jalur sepanjang 25 meter dan juga termasuk salah satu suite kebugaran terbesar di universitas mana pun di Inggris.

University of Leeds memiliki serikat mahasiswa sebanyak lebih dari 300 klub dan perkumpulan yang dapat Anda ikuti. Selain itu, serikat mahasiswanya juga adalah yang pertama di Inggris yang dianugerahi status Excellent oleh National Union of Students (NUS) sebagai bagian dari skema akreditasi Serikat Mahasiswa Berkualitas.

Serikat kami juga merupakan serikat mahasiswa pertama di negara ini yang menerima dua penghargaan standar emas untuk Inisiatif Evaluasi Serikat Mahasiswa.
Dengan segala keunggulan tersebut, The Leeds International Summer School (LISS) menawarkan Anda kesempatan untuk belajar di University of Leeds dan mendapatkan wawasan tentang budaya Inggris sebagai bagian dari program jangka pendek yang menarik.

 

Credits

Bagikan