University of Warwick Tawarkan Berbagai Pilihan Beasiswa Menarik

user
Endang Saputra 06 Maret 2022, 15:40 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pada awal 2022 ini, University of Warwick menawarkan berbagai pilihan beasiswa, mulai dari Undergraduate Scholarships, Master Degree Scholarships, sampai PhD Scholarships. Diketahui, Warwick merupakan top 10 UK university yang memiliki beberapa jurusan terbaik, seperti Law, Business, Economics, Education Studies, Engineering, Mathematics, Politics, dan Sociology.

Setidaknya terdapat 28ribu mahasiswa yang menempuh pendidikan di Warwick. 35 persennya merupakan mahasiswa internasional yang 104 diantaranya merupakan orang Indonesia. Bagi yang sedang mencari beasiswa, beberapa pilihan ini mungkin bisa jadi salah satu yang layak diperjuangkan.

Untuk Undergraduate Scholarships, Anda bisa memilih mengikuti pilihan program, seperti Warwick International Foundation Director’s Scholarship, Warwick Undergraduate Global Excellence Scholarships, atau Yayasan Albukhary Foundation Scholarship. Ketiganya akan memberikan funding yang berbeda-beda nominalnya.

Sedikit bocoran, bagi Warwick Undergraduate Global Excellence Scholarships 2022, sebanyak 250 beasiswa akan diberikan kepada siswa berprestasi untuk belajar di University of Warwick pada tahun ini. Detailnya sendiri di antaranya 20 x beasiswa penuh, yang akan diberikan per tahun selama durasi program sarjana. Lalu, ada juga beasiswa sebesar 160 x 13,000 pound sterling dan 70 x 2,000 pound sterling per tahunnya.

Sementara itu, untuk program Master Degree Scholarships, tersedia pilihan GREAT Scholarship for Law, Chevening-Warwick Scholarships, Chevening-WMG Scholarships dan WMG Excellence Scholarships.

Sedangkan untuk PhD Scholarships, program beasiswa yang tersedia meliputi University of Warwick Chancellor’s International Scholarships 2022, The Feuer International Scholarships in Artificial Intelligence (AI) 2022, MRes/PhD Economics Scholarships dan Mres/PhD Scholarships yang diberikan oleh Warwick Business School yang bergengsi.

Terkait persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar beasiswa-beasiswa tersebut memiliki kriteria tersendiri. Untuk Undergraduates Scholarships syaratnya antara lain merupakan warga negara dari negara yang memenuhi syarat, termasuk Indonesia.

Lalu, harus mendaftar untuk belajar di Warwick sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan oleh setiap program yang ditawarkan, mendaftar untuk beasiswa, menerima tawaran dalam bidang studi yang tersedia untuk program beasiswa, khususnya untuk Albukhary Foundation Scholarships, pelamar beasiswa juga diperlukan untuk menunjukkan kebutuhan finansial masing-masing.

Seorang mahasiswa S2 dalam program Supply Chain and Logistics Management di University of Warwick, Afriana Siagian berbagi cerita tentang pengalamannya berburu beasiswa di University of Warwick.

“Saya mendapatkan beasiswa fully funding dari Kementerian Keuangan. Itu benar-benar sangat legit dan worth it untuk dikejar. Untuk tahap registrasi LPDP sendiri sebenarnya standar, cuma ada 3 step. Pertama, ada screening administrasi, yang kedua ada psikotes, lalu nanti ada substansi (interview dan tes kebangsaan atau pengetahuan tentang kewarganegaraan),” kata dia dilansir dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Menurut Afriana, hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah bagian personal statement. Sebab, hal itu lah yang berpengaruh besar apakah kita akan diterima atau tidak.

“Jadi, tips dari saya itu harus diperkuat di bagian personal statement. Jadi ketika lulus administrasi, lalu nanti maju ke tahap interview. Itu nanti yang akan banyak digali oleh interviewernya," paparnya.

"Simpelnya sih bagaimana sebenarnya masa lalu kita, apa yang sudah kita kerjakan, apa jurusan kita, apa organisasi yang sudah pernah kita ambil, apa yang akan kita lakukan kedepannya, hal apa yang mau kita eksplor, dan kontribusi apa yang nanti akan kita berikan untuk Indonesia sesuai dengan keilmuan kita. Jadi, memang harus sesuai antara masa lalu, masa sekarang, dan masa depan,” sambung dia.

Credits

Bagikan